Menakar Performa Tiga Capres di Debat Ketiga, Siapa Bakal Unggul?

Amelia Yesidora
28 Desember 2023, 17:16
Debat capres
ANTARA FOTO/Galih Pradipta/wpa/YU
Capres nomor urut satu Anies Baswedan (kanan) dan capres nomor urut dua Prabowo Subianto beradu argumen pada debat perdana Capres dan Cawapres 2024 di Gedung KPU, Jakarta, Selasa (12/12/2023).

Penampilan para kandidat calon presiden pada debat ketiga dinilai berpengaruh besar terhadap elektabilitas kontestan pemilihan presiden. Debat yang berlangsung pada Minggu, 7 Januari 2024 itu akan diikuti oleh Anies Baswedan, Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo. 

Pelaksanaan debat ketiga akan menjadi momentum kedua bagi para capres untuk beradu gagasan. Sebelumnya mereka sudah bertemu dalam debat pertama untuk isu politik, hukum dan pemerintahan yang berlangsung pada Selasa (22/12). Adapun debat ketiga nanti akan membahas topik seputar pertahanan, keamanan dan politik luar negeri. 

Peneliti Indikator Politik Bawono Kumoro menilai Prabowo Subianto akan lebih unggul daripada dua calon presiden lainnya dalam debat yang ketiga itu. Bawono menilai pada debat pertama, Anies Baswedan lebih unggul, sementara Gibran Rakabuming Raka bersinar di debat kedua.

“Apa Prabowo bisa bersinar di debat ketiga? Bisa iya bisa enggak, asal Prabowo perbaiki performanya berdasarkan hasil tinjauan tim sukses terhadap debat perdana,” kata Bawono pada Katadata, Rabu (27/12).

Bawono menilai Prabowo masih kurang dalam hal penyampaian gagasan, namun harusnya ia lebih kuat di penguasaan materi. Hal ini karena pengalaman Prabowo selaku menteri pertahanan yang menjalin kerjasama dengan kepala negara, menteri pertahanan negara lain, hingga perdana menteri. 

“Harusnya dengan modal itu, beliau bisa unggul secara penampilan, performa, dan artikulasi gagasan soal Laut Cina Selatan, Indo Pasifik, Kerjasama ASEAN, hingga peran Indonesia di PBB,” kata Bawono.  

Sementara itu, dua capres lain yakni Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo dianggap masih belum punya pengalaman sebanyak Prabowo. Bawono menyebut kedua capres ini baru punya pengalaman di kelas kepala daerah. 

Halaman:
Reporter: Amelia Yesidora
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...