Pesanan Jet Tempur Rafale Tiba 2026 di Indonesia, Ini Kecanggihannya

Yuliawati
Oleh Yuliawati
10 Januari 2024, 17:13
Jet tempur Rafale buatan Dassault Aviation.
Dok. Dassault Aviation
Jet tempur Rafale buatan Dassault Aviation.
Button AI Summarize

Produsen pesawat Dassault Aviation Perancis mulai memproduksi 18 unit jet tempur Rafale pesanan Indonesia. Produksi itu setelah kontrak pembelian tahap ketiga berlaku efektif pada pekan ini.

Total pengadaan pesawat tempur Rafale oleh Kementerian Pertahanan RI berjumlah 42 unit. Sebelumnya, Kementerian Pertahanan mengefektifkan kontrak pengadaan tahap pertama dengan Dassault Aviation pada September 2022 sebanyak enam unit. Setelah itu sebanyak 18 unit pada Agustus 2023.

Pesawat Rafale pertama pesanan Indonesia dijadwalkan tiba di Tanah Air pada awal 2026. “Kedatangan pesawat tempur Rafale beserta persenjataan dan perangkat pendukungnya dalam beberapa tahun mendatang diharapkan akan meningkatkan kekuatan dan kesiapan TNI Angkatan Udara secara signifikan dalam menjaga kedaulatan negara di udara,” kata Kepala Biro Hubungan Masyarakat Sekretariat Jenderal Kementerian Pertahanan Brigjen TNI Edwin Adrian Sumantha, dikutip dari Antara, Selasa (9/1).

CEO Dassault Aviation Eric Trappier mengatakan pilihan Indonesia membeli Rafale dapat membantu keinginan RI membangun kekuatan utama di kawasan (major regional power). “Kami berkomitmen penuh untuk memastikan kemitraan ini yang dapat terjalin dalam jangka panjang berhasil,” kata Eric.

Rafale adalah tipe jet tempur tercanggih buatan Dassault Aviation. Pesawat tempur tersebut dilengkapi dengan beragam sistem persenjataan, yakni misil, bom, meriam, dan radar sensoris elektronik aktif. Rafale mampu menampung senjata hingga sembilan ton. Kecepatan maksimalnya mencapai 860 mph yang setara dengan 1.384 kilometer per jam.

Tak hanya Indonesia yang tertarik membeli jet tempur Rafale. Beberapa negara pun sudah membeli pesawat produksi Prancis tersebut. India dan Qatar telah memborong 36 unit, sedangkan Mesir membeli 24 unit Rafale.

Apa saja keunggulan pesawat tempur Rafale dari Dassault Aviation ini? Berikut ini daftarnya.

1. Pesawat tempur Rafale memiliki berbagai fungsi (omnirole)

Dassault Aviation, produsen pesawat tempur Rafale, menyebut pesawat ini memiliki berbagai fungsi atau omnirole. Pesawat ini bisa digunakan untuk pertahanan udara, mencegah musuh masuk ke wilayah kita, mengawasi wilayah musuh tanpa terdeteksi, membidik sasaran dari jarak yang dinamis, dan melakukan serangan udara dengan presisi. Pesawat ini juga digunakan sebagai pesawat anti-serangan rudal kapal perang.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...