Jelang Debat, Ini Visi Misi Tiga Capres di Sektor Pangan

Tia Dwitiani Komalasari
21 Januari 2024, 17:25
Debat cawapres Muhaimin vs Gibran vs Mahfud
Katadata
Button AI Summarize

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menyelenggarakan debat keempat pemilihan presiden atau pilpres 2024 pada Minggu (21/1). Debat kali ini akan diikuti oleh tiga calon wakil presiden yaitu Muhaimin Iskandar, Gibran Rakabuming Raka, dan Mahfud MD.

Debat digelar di Balai Sidang Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta pada pukul 19.00 WIB. Pada cawapres akan melakukan debat dengan tema cawapres akan membahas tema terkait energi, sumber daya alam (SDA), pangan, pajak karbon, lingkungan hidup, agraria, dan masyarakat adat.

Komisioner KPU, August Mellaz, mengatakan cawapres Muhaimin Iskandar akan menjadi peserta pertama yang akan memaparkan visi dan misi saat debat keempat tersebut.

"Sedangkan untuk posisi, nanti kalau tidak salah itu, pasangan calon nomor urut 1 di tengah. Itu sudah diatur," kata Mellaz dikutip dari Antara, Minggu (21/1).

Berikut rangkuman visi dan misi ketiga cawapres dalam sektor pangan yang dihimpun Katadata.co.id:

Anies - Muhaimin 

Pasangan calon presiden dan calon wakil presiden Pemilu 2024 Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar menjanjikan jaminan ketersediaan bahan pokok dan biaya hidup murah jika memenangkan pemilihan. Janji tersebut akan dicapai dengan kemandirian pangan, kemudahan akses hunian, ketahanan energi, dan kedaulatan air.

Dalam dokumen visi misi Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar, keduanya menjelaskan bahwa kebutuhan pokok adalah hak dasar setiap warga negara. Ketersediaan dan kemudahan akses terhadap pangan, hunian, energi, dan air yang terjangkau adalah prasyarat bagi terwujudnya masyarakat yang sejahtera.

"Negara harus mewujudkan kemandirian pangan, ketahanan energi dan kedaulatan air untuk memastikan bangsa Indonesia mampu melanjutkan perbaikan kesejahteraan dalam jangka panjang," demikian tertulis dalam dokumen visi misi Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar.

Menurut dokumen tersebut, kemandirian pangan akan dibangun, antara lain dengan memastikan ketersediaan dan keterjangkauan harga pupuk, bibit, pestisida, pakan ternak, dan obat-obatan pertanian melalui bantuan alat dan mesin, serta pertanian dan teknologi.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...