Rekam Jejak 11 Panelis Debat Keempat, Cawapres Bicara Isu Lingkungan

Ira Guslina Sufa
21 Januari 2024, 19:12
debat
ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/tom.
Pendukung capres-cawapres nomor urut 3 meneriakkan yel-yel jelang Debat Keempat Pilpres 2024 di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Minggu (21/1/2024).
Button AI Summarize

Komisi Pemilihan Umum kembali menggelar debat calon wakil presiden atau cawapres dalam rangkaian pemilihan presiden 2024. Debat yang berlangsung di Jakarta Convention Center atau JCC pada Minggu (21/1) bakal mempertemukan tiga cawapres yaitu Muhaimin Iskandar, Gibran Rakabuming Raka dan Mahfud MD. 

Untuk memastikan kualitas debat keempat ini KPU telah menunjuk 11 orang panelis. Para panelis bertugas menyiapkan pertanyaan yang akan dibahas oleh ketiga cawapres. Adapun tema debat keempat ini berkaitan dengan agraria, masyarakat adat, dan desa. 

Aktivis Lingkungan sekaligus Perangkai Gotong Royong & Dewan Pengurus Koalisi Ekonomi Membumi, Gita Syahrani menyebut visi dan misi tiga calon presiden (capres) hingga kini belum ada yang mendobrak isu yang diangkat debat hari ini. Ia mengatakan bahwa adanya perbedaan antara visi misi dengan apa yang dipaparkan saat debat. 

“Enggak ada, maksudnya kalo visi misi enggak ada. Aku sendiri kayak enggak bisa milih,” kata Gita di Kantor Katadata.co.id, Minggu (21/1). 

Adapun yang paling penting sekarang, kata Gita, seharusnya ketiga capres dan cawapres perlu gencarkan implementasi.  Bagaimana rekam jejak 11 panelis debat keempat capres?

Profil 11 panelis debat cawapres Minggu (21/1)

1. Profil Panelis Debat Abrar Saleng

Abrar Saleng adalah seorang ahli hukum agraria dan sumber daya alam Universitas Hasanuddin. Pria yang lahir pada 1963 ini adalah Guru Besar Hukum Pertambangan Universitas Hasanuddin. Ia sudah mengajar di kampus tersebut sejak 1989 hingga sekarang. 

Abrar menempuh pendidikan magister di universitas yang sama sebelum akhirnya menempuh jenjang doktoral di Bandung. Ia terdaftar sebagai mahasiswa Jurusan Hukum Universitas Hasanuddin dan Universitas Pejuang Republik Indonesia (dulunya UVRI) pada 1988. 

Melansir laman resmi Unhas, Abrar sudah menerbitkan tiga buku: Hukum Agraria (2010), Hukum Pertambangan (2004), Hukum Sumber Daya Alam (2013). Publikasi ilmiah terbanyak yang ia tulis adalah terkait hukum pertambangan dan kapita selekta hukum sumber daya alam. 

2. Profil Panelis Debat Arie Sujito

Arie Sujito merupakan dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik di Universitas Gadjah Mada. Arie adalah Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Pengabdian Masyarakat dan Alumni UGM. Ia juga menjabat Ketua Ikatan Sosiologi Indonesia. Di kampus tersebut, ia sudah menjadi dosen sejak 1999. 

Arie lulus dari jurusan sosiologi UGM pada 1997 dan melanjutkan master jurusan yang sama pada 2004. Barulah pada 2014 ia memperoleh gelar doktor sosiologi dari kampus yang sama.   

Lelaki ini juga dikenal sebagai pengamat politik. Ketertarikannya adalah pada bidang Demiliterisasi dan Desentralisasi, Dinamika Politik Lokal Indonesia, Pengembangan Desa dan Penguatan Ekonomi Lokal, serta Pengembangan Good Governance dalam Konteks Otonomi Desa.

3. Profil Panelis Debat Arif Satria

Arif merupakan seorang ekologi Politik Institut Pertanian Bogor. Arif adalah satu-satunya rektor aktif yang menjadi panelis debat kali ini. Sebelumnya ia pernah menjadi panelis KPU pada debat Pilpres 2019. 

Ia menjadi dosen Fakultas Ekologi Manusia (FEMA) IPB sejak 2010. Arif pernah menjadi penasihat Menteri Perikanan dan Kelautan pada 2012. Ia terlibat dalam penyusunan kebijakan kelautan dan perikanan, termasuk UU Perikanan 31/2004, Revisi UU Pengelolaan Perikanan, serta beberapa Peraturan Pemerintah dan Menteri terkait. 

4. Profil Panelis Debat Dewi Kartika

Dewi Kartika merupakan sekretaris jenderal Konsorsium Pembaruan Agraria (KPA). Dewi sudah bergabung dengan KPA ini sejak 2007. Namanya juga tercatat sebagai anggota Dewan Global International Land Coalition (ILC) dari Asia.

Aktivis ini memperoleh beasiswa studi transisi agraria di Institute of Social Study (ISS), Den Haag, Belanda pada 2011. 

5. Profil Panelis Debat Fabby Tumiwa

Fabby merupakan Direktur Eksekutif Institute for Essential Services Reform. Fabby dikenal sebagai pakar transisi energi sekaligus salah seorang pendiri Indonesia Solar Energy Association (ISEA). Lelaki ini juga menjabat sebagai komite eksekutif Lembaga Efisiensi Energi dan Konservasi Energi Indonesia untuk kerjasama kelembagaan.

Halaman:
Reporter: Nur Hana Putri Nabila, Amelia Yesidora
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...