Beda Cara dan Tema Kampanye Akbar Anies, Prabowo, Ganjar Raup Suara

Ira Guslina Sufa
29 Januari 2024, 07:58
Kampanye pilpres
ANTARA FOTO/Harviyan Perdana Putra/aww.
Maskot Pemilu Sura dan Sulu mengikuti Serah Terima Kirab Pemilu 2024 dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kendal ke KPU Kabupaten Pekalongan di Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah, Kamis (19/10/2023).
Button AI Summarize

Kurang dari sebulan menjelang pemilihan presiden yang digelar pada Rabu (14/2) mendatang tiga pasangan calon presiden dan calon wakil presiden bergerak cepat menarik simpati massa. Terlebih setelah Komisi Pemilihan Umum (KPU) memulai masa kampanye terbuka sejak Minggu (21/1) lalu. 

Pada Minggu (28/1) tiga pasangan calon presiden dan calon wakil presiden berkunjung ke sejumlah titik untuk kampanye akbar. Tak hanya para capres dan cawapres, pimpinan partai politik pengusung ikut turun gunung memberikan dukungan kepada kandidat yang akan bertarung di pilpres. 

Selama kampanye akbar tiga pasangan capres dan cawapres menyampaikan gagasan dan berinteraksi langsung dengan para calon pemilih. Meski begitu tema acara dan metode kampanye yang dilakukan cukup berbeda di antara satu pasangan dengan pasangan lain. Berikut rangkuman kampanye akbar yang digelar para capres dan cawapres pada Minggu (28/1). 

Kampanye Akbar Anies Baswedan - Muhaimin Iskandar

Kampanye akbar Anies Baswedan di Tanah Rencong
Kampanye akbar Anies Baswedan di Tanah Rencong (ANTARA FOTO/Khalis Surry/foc.)

 

Kampanye di Purwakarta Anies Janjikan Pangan Murah 

Calon Presiden Anies Baswedan menjalani kampanye akbar di  di Lapangan Purnawarman, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, Minggu (28/1). Seperti biasa Anies menyapa warga dan melakukan orasi untuk menyampaikan gagasan bila nanti terpilih menjadi presiden. 

Dalam orasinya, Anies menyoroti kondisi masyarakat yang masih dihadapkan dengan tingginya harga pangan. Ia juga menyoroti kondisi masyarakat Purwakarta yang masih sulit mencari kerja. 

"Kita berkumpul di sini karena kita menginginkan perubahan," kata calon presiden nomor urut satu, Anies Baswedan. 

Ia menyampaikan bahwa akhir-akhir ini masyarakat merasakan kondisi ekonomi yang cukup berat. Hal itu ditandai dengan mahalnya harga bahan pokok. Bahkan, menurut Anies masyarakat juga masih dihadapkan dengan susah mencari kerja.

Terkait pangan, Anies menyebutkan kalau dirinya bersama Calon Wakil Presiden Muhaimin Iskandar memiliki program membangun gudang pangan murah di setiap desa dan kelurahan. Hal itu diyakini akan mengatasi masalah tingginya harga kebutuhan pokok.

Sedangkan untuk persoalan kesulitan kerja, Anies menjanjikan 8 juta lowongan kerja baru jika nanti terpilih menjadi presiden. Saat berkampanye di Purwakarta, Anies mengaku kagum kepada masyarakat yang rela berkumpul di lapangan untuk bersama-sama memperjuangkan perubahan Indonesia.

Kampanye terbuka atau rapat umum Calon Presiden Anies Baswedan di Lapangan Purnawarman itu dihadiri ribuan pendukungnya. Ketua DPD PKS Purwakarta, Moh Arief Kurniawan mengatakan kalau agenda kampanye terbuka ini merupakan bagian dari agenda Tim Kemenangan Nasional di Jawa Barat, untuk pasangan capres dan cawapres nomor urut satu.

Muhaimin Janjikan 5% APBN untuk Kaum Muda

Calon Wakil Presiden nomor urut satu Muhaimin Iskandar menyatakan pasangan Anies-Muhaimin (AMIN) bakal  memprioritaskan lima persen Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) untuk kaum muda. Hal itu disampaikan Muhaimin saat menghadiri Deklarasi 1Rekan untuk AMIN di Jakarta, Minggu (28/1). 

“AMIN telah berdiskusi, membulatkan tekad. Kalau AMIN menang, 5 persen APBN harus digelontorkan untuk kaum muda, supaya kaum muda menjemput masa depannya," ujar Muhaimin..

Muhaimin pun mengatakan pasangan AMIN terus membuka diri pada kawula muda Indonesia. Ia menyebut pengembangan potensi kaum muda menjadi salah satu program prioritas paslon AMIN usai terpilih nanti.

"Perlu dicatat, ini bukan soal uang yang hilang. Valuasinya, nilai tambahnya pada kaum muda ini investasi masa depan. Ini yang namanya pemerintah yang memiliki agenda dan prioritas," kata Muhaimin

Menurut dia, jumlah kaum muda Indonesia telah melebihi separuh total penduduk di Tanah Air. Akan tetapi, pengembangan kualitas dan kemampuan kaum muda belum maksimal dilakukan pemerintah.

Kampanye Akbar Prabowo - Gibran  di Simpang Lima Semarang 

Prabowo hadiri deklarasi dan kampanye akbar di Subang
Prabowo hadiri deklarasi dan kampanye akbar di Subang (ANTARA FOTO/Galih Pradipta/nz)

Pasangan calon presiden- calon wakil presiden,  Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka menghadiri kampanye akbar yang berlangsung di Lapangan Pancasila Simpang Lima Semarang, Minggu (28/1). Mengusung tema "Kirab Kebangsaan", Prabowo, serta Gibran dan sang istri Selvi Ananda, menaiki mobil terbuka dari Taman Indonesia Kaya (TIK) menuju Simpang Lima, sembari membagikan kaos.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...