Jokowi Respons Isu Kabinet Tak Solid: Beda Pilihan Itu Demokrasi

Ameidyo Daud Nasution
2 Februari 2024, 15:31
jokowi, kabinet, mahfud
ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/tom.
Presiden Joko Widodo (tengah) didampingi Ketua Umum GP Ansor Yaqut Cholil Qoumas (kiri) berfoto bersama para anggota GP Ansor usai membuka Kongres XVI GP Ansor di Terminal Penumpang Kapal Pelni, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Jumat (2/2/2024).
Button AI Summarize

Presiden Joko Widodo merespons isu ketidaknyamanan di tengah Kabinet Indonesia Maju menjelang Pemilihan Presiden 2024. Jokowi mengatakan kabinet tetap berjalan dan bekerja meski ada perbedaan pilihan politik.

"Perbedaan pilihan itu demokrasi, tidak perlu terlalu dibesar-besarkan," kata Jokowi di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Jumat (2/2) dikutip dari Antara.

Jokowi juga merespons pengunduran diri Mahfud MD dari posisi Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Mahfud MD. Ia mengatakan mundurnya Mahfud tak terkait masalah soliditas di kabinet.

"Kabinet biasa-biasa saja, tak ada masalah. Yang kerja ya kerja, yang kunjungan ke daerah ya kunjungan ke daerah," katanya.

Mahfud MD mengundurkan diri sebagai Menko Polhukam
Mahfud MD mengundurkan diri sebagai Menko Polhukam (ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha/Spt.)

Isu soliditas ini mencuat usai Sekretaris Jenderal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Hasto Kristiyanto mengatakan suasana rapat Kabinet Indonesia Maju tak mengenakan akhir-akhir ini. Hal itu merupakan cerita yang ia dapatkan dari Menteri Sosial Tri Rismaharini.

"Bu Risma menceritakan sekarang suasana di rapat kabinet, ada unsur-unsur ketidaknyamanan. Bahkan ketika mau rapat itu diperiksa," kata Hasto kepada wartawan di Media Center TPN Ganjar-Mahfud, Jakarta Pusat, Selasa (30/1).

Hasto mengatakan, Risma merupakan sosok yang memiliki integritas tinggi. Ia menyebut mantan Wali Kota Surabaya itu tak mau data Kemensos dipakai untuk kepentingan politik partisan.

Isu lain yang muncul adalah kabar Menteri Keuangan Sri Mulyani akan mengundurkan diri. Meski demikian, pihak Istana Kepresidenan membantah Sri Mulyani akan mundur dari jabatannya.

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...