Anies dan Mahfud Kompak Sebut Simulasi Makan Siang Gratis Tak Etis

Ade Rosman
Oleh Ade Rosman - Amelia Yesidora
1 Maret 2024, 19:38
makan siang gratis, anies, mahfud
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/aww.
Capres-cawapres nomor urut 1 Anies Baswedan (kiri) dan Muhaimin Iskandar (kanan) menyampaikan keterangan penutup saat Debat Kelima Pilpres 2024 di Balai Sidang Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta, Minggu (4/2/2024). Debat tersebut bertemakan kesejahteraan sosial, kebudayaan, pendidikan, teknologi informasi, kesehatan, ketenagakerjaan, sumber daya manusia, dan inklusi.
Button AI Summarize

Anies Baswedan dan Mahfud MD menyerang simulasi program makan siang gratis yang dilakukan pemerintah. Mereka mempertanyakan kenapa program Prabowo Subianto ini sudah diuji meski belum ada pemenang resmi Pemilihan Presiden 2024.

Calon presiden nomor urut satu Anies Baswedan mempertanyakan dasar hukum dari simulasi program makan siang gratis yang telah dilakukan. Ia menilai baik bila pemerintah ingin mengakomodasi kebijakan baru, namun masalahnya adalah waktu pengakomodasian kebijakan baru tersebut.

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini menjelaskan, pemerintah bisa menjajal program presiden terpilih setelah badan penyelenggara pemilu mengumumkan pemenang secara legal. 

“Kalau belum ada ketetapan dan sudah dimulai, ada persoalan etika lagi di sini. Sikap terbuka itu baik, itu dibutuhkan. Justru dalam demokrasi itu harus begitu,” kata Anies Baswedan usai makan siang di Jakarta, Jumat (1/3).

Hal serupa menurut Anies sudah pernah terjadi sebelumnya. Ia menyebut sudah ada pihak yang terpilih menjadi calon gubernur, namun gubernur yang sedang bertugas tidak mempunyai ruang untuk bekerja.

Oleh sebab itu, baiknya pemerintah mengakomodasi program kerja pemerintah baru usai ada pernyataan resmi dari badan penyelenggara pemilu. Tidak hanya menunggu pernyataan resmi siapa pemenang, namun juga menunggu proses sengketa Pemilu selesai.

"Harus punya dasar hukum, karena negara bekerja mengikuti aturan hukum, bukan menggunakan selera,” katanya.

Calon Wakil Presiden nomor urut 03 Mahfud MD menilai simulasi makan siang gratis yang dilakukan sebelum pelantikan presiden baru tidak etis. Sama dengan Anies, Mahfud beralasan saat ini belum ada keputusan resmi pemenang Pemilihan Presiden 2024.

Halaman:
Reporter: Ade Rosman, Amelia Yesidora
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...