Bos Lion Air Usul Diskon Tiket Pesawat Berlaku Tiap Hari

"Tidak mungkin kan orang mesti berpergian pada jam tertentu," kata Bos Lion Air Rusdi Kirana.
Image title
Oleh Rizky Alika
22 Juli 2019, 19:05
Bos Lion Air Rusdi Kirana meminta agar diskon tarif pesawat berlaku sepanjang waktu.
ANTARA FOTO/JESSICA HELENA WUYSANG
Ilustrasi, sejumlah calon penumpang antre naik ke pesawat maskapai Lion Air di Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan di Balikpapan, Kalimantan Timur, Jumat (5/7/2019). Bos Lion Air Rusdi Kirana meminta agar diskon tarif pesawat berlaku sepanjang waktu.

Pemerintah telah menetapkan diskon tarif tiket pesawat untuk penerbangan berbiaya rendah (Low Cost Carrier/LCC) berlaku Selasa, Kamis, dan Sabtu pukul 10.00 hingga 14.00 waktu setempat. Pemilik Lion Air Rusdi Kirana meminta agar promo tersebut berlaku sepanjang waktu.

Sesuai kesepakatan antara pemerintah dengan pelaku industri, potongan harga yang diberikan mencapai 50% dari tarif batas atas (TBA). Pemerintah pun mengadakan Rapat Koordinasi (Rakor) terkait evaluasi tarif angkutan udara, yang salah satunya membahas diskon.

“Rapat kali ini membahas bagaimana (kebijakan diskon) dibuat Senin sampai Minggu, dan dari pagi sampai pagi,” kata Rusdi usai Rakor tiket pesawat di kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta, Senin (22/7).

(Baca: Sistem Bermasalah, Lion Belum Bisa Terapkan Diskon 50% Tiket Pesawat)

Rusdi menilai, pemberian diskon tidak mungkin hanya berlaku selama tiga hari dalam seminggu. Sebab, berdasarkan kajian perusahaannya, masyarakat meminta agar tidak dipaksa memilih penerbangan pada jam tertentu.

Hal itu pun ia sampaikan kepada regulator, dalam hal ini Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian. "Tidak mungkin kan orang mesti berpergian pada jam tertentu," kata Rusdi.

(Baca: Tiket Pesawat Mahal, Sri Mulyani Tak Akan Bebaskan Pajak Avtur)

Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Susiwijono Moegiarso mengatakan, instansinya sudah menerima permintaan maskapai tersebut. Namun, ia menegaskan bahwa kebijakan diskon pesawat hanya bisa diterapkan pada waktu tertentu

"Kami terapkan jangka tertentu dulu sehingga tahu struktur biaya yang ideal," kata dia. Selain itu, kementeriannya masih akan menyempurnakan peraturan terkait diskon tarif pesawat. Usulan tersebut akan ditampung oleh pemerintah dalam menyusun kebijakan jangka panjang.

(Baca: Berlaku Tiket Pesawat 50%, Citilink & Lion Air Wajib Sediakan Diskon)

Adapun pemerintah menerapkan penurunan harga tiket pesawat 50% untuk tiga hari dalam seminggu, yang berlaku sejak Kamis (11/7) lalu. Sebanyak 62 rute penerbangan Citilink dan 146 rute penerbangan Lion Air harus mengalokasikan 30% dari total kursi tersedia untuk diskon itu.

Citilink, anak perusahaan Garuda Indonesia, dalam satu hari bakal mengalokasikan total 62 penerbangan dengan 3.348 kursi di dalamnya untuk didiskon sebesar 50%. Sedangkan Lion Air akan mengalokasikan 146 penerbangan dengan total kursi 8.278 kursi di dalamnya.

(Baca: Diskon 50% Tiket Pesawat di Hari Tertentu Mulai Berlaku Kamis ini)

Reporter: Rizky Alika

Video Pilihan

Artikel Terkait