Gojek dan Grab Sebut Order GoFood dan GrabFood Naik meski Ada Corona

Cindy Mutia Annur
24 Maret 2020, 07:20
Gojek dan Grab Sebut Order GoFood dan GrabFood Naik meski Ada pandemi Corona
Adi Maulana Ibrahim|Katadata
Ilustrasi, pengemudi ojek online menunggu penumpang di Stasiun Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Senin (17/2/2020).

Gojek dan Grab mencatat, pemesanan layanan pesan-antar makanan seperti  GoFood dan GrabFood meningkat di tengah  pandemi corona. Selain itu, kunjungan ke fitur kesehatan di aplikasi mereka, yakni GoMed dan GrabHealth melonjak.

Hanya, Chief Public Policy and Government Relations Gojek Group Shinto Nugroho enggan memerinci peningkatan permintaan layanan GoFood maupun kunjungan ke fitur GoMed. Sedangkan trafik layanan pengiriman barang GoSend dan hiburan GoPlay stabil.

Permintaan layanan berbagi tumpangan (ride hailing) seperti taksi dan ojek online justru menurun karena virus corona. Utamanya, sejak pemerintah mengimbau masyarakat belajar dan bekerja dari rumah alias Work from Home.

(Baca: Siasat Gojek & Grab Cegah Penularan Corona Lewat GoFood & GrabFood)

Karena itu, perusahaan berkomitmen memberikan insentif berupa uang, pengobatan, serta tanggungan lain bagi mitra pengemudi yang terjangkit covid-19. "Sampai mereka sembuh. Jumlahnya (insentif) ada untuk mitra ojek online dan taksi online," ujar Shinto saat video conference di Jakarta, kemarin (23/3).

Hal senada dirasakan oleh Grab. Head of Public Affairs Grab Tri Sukma Anreianno mencatat permintaan layanan GrabFood dan GrabHealth meningkat sejak munculnya pandemi corona di Tanah Air.

Selain itu, permintaan layanan belanja bahan makanan GrabFresh juga meningkat drastis. Hanya layanan transportasi Grabbike dan Grabcar yang melandai.

Halaman:
Reporter: Cindy Mutia Annur
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...