Bukalapak dan Lazada Kuasai Pasar Khusus meski TikTok Gaet Tokopedia
Bukalapak dan Lazada dinilai menguasai pasar tertentu meski TikTok menggaet Tokopedia. Porsi transaksi alias GMV TikTok dan Tokopedia disebut-sebut mencapai 40% di Indonesia atau menguasai pasar.
Berdasarkan laporan pada Juni 2023, Momentum Works memperkirakan GMV e-commerce di Indonesia pada 2022 sebesar US$ 51,9 miliar. Jika dirinci per platform sebagai berikut:
- Shopee 36% atau sekitar US$ 18,7 miliar
- Tokopedia 35% atau setara US$ 18,1 miliar
- Lazada 10% atau sekitar US$ 5,19 miliar
- Bukalapak 10% atau setara US$ 5,19 miliar
- TikTok 5% atau sekitar US$ 2,6 miliar
- Blibli 4% atau setara US$ 2,1 miliar
Gabungan GMV TikTok dan Tokopedia US$ 21,7 miliar atau sekitar Rp 336,7 triliun di Indonesia tahun lalu. Sementara itu, Shopee US$ 18,7 miliar (Rp 290 triliun), Lazada dan Bukalapak masing-masing US$ 5,19 miliar (Rp 80,5 triliun), serta Blibli US$ 2,1 miliar (Rp 32,6 triliun).
Analis Riset Mirae Asset Sekuritas Indonesia Christopher Rusli sepakat bahwa gabungan TikTok dan Tokopedia akan menguasai pasar e-commerce di Indonesia.
Masuknya TikTok juga dinilai membuat keuangan Tokopedia lebih fleksibel. Selain itu, bisa meraup untung dari masifnya transaksi via fitur siaran langsung alias live streaming di TikTok.