Bukalapak dan Lazada Kuasai Pasar Khusus meski TikTok Gaet Tokopedia

Desy Setyowati
19 Desember 2023, 15:31
bukalapak, Lazada, TikTok, Tokopedia
Katadata/Desy Setyowati
Logo Lazada, TikTok, Tokopedia

Bukalapak dan Lazada dinilai menguasai pasar tertentu meski TikTok menggaet Tokopedia. Porsi transaksi alias GMV TikTok dan Tokopedia disebut-sebut mencapai 40% di Indonesia atau menguasai pasar.

Berdasarkan laporan pada Juni 2023, Momentum Works memperkirakan GMV e-commerce di Indonesia pada 2022 sebesar US$ 51,9 miliar. Jika dirinci per platform sebagai berikut:

  • Shopee 36% atau sekitar US$ 18,7 miliar
  • Tokopedia 35% atau setara US$ 18,1 miliar
  • Lazada 10% atau sekitar US$ 5,19 miliar
  • Bukalapak 10% atau setara US$ 5,19 miliar
  • TikTok 5% atau sekitar US$ 2,6 miliar
  • Blibli 4% atau setara US$ 2,1 miliar

Gabungan GMV TikTok dan Tokopedia US$ 21,7 miliar atau sekitar Rp 336,7 triliun di Indonesia tahun lalu. Sementara itu, Shopee US$ 18,7 miliar (Rp 290 triliun), Lazada dan Bukalapak masing-masing US$ 5,19 miliar (Rp 80,5 triliun), serta Blibli US$ 2,1 miliar (Rp 32,6 triliun).

Analis Riset Mirae Asset Sekuritas Indonesia Christopher Rusli sepakat bahwa gabungan TikTok dan Tokopedia akan menguasai pasar e-commerce di Indonesia.

Masuknya TikTok juga dinilai membuat keuangan Tokopedia lebih fleksibel. Selain itu, bisa meraup untung dari masifnya transaksi via fitur siaran langsung alias live streaming di TikTok.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...