TikTok x Tokopedia Disebut Kuasai 40% Pasar E-Commerce Indonesia

Desy Setyowati
19 Desember 2023, 14:45
TikTok, Tokopedia, Shopee, lazada
TikTok, Tokopedia, Shopee, Katadata/Desy Setyowati
TikTok, Tokopedia, Shopee

Porsi transaksi bruto atau GMV gabungan TikTok dan Tokopedia diperkirakan 40% di Indonesia tahun lalu, menurut data Momentum Work. Sementara itu, Shopee 36%, Lazada 10%, Bukalapak 10%, dan Blibli 4%.

Berdasarkan laporan pada Juni 2023, Momentum Works memperkirakan GMV e-commerce di Indonesia pada 2022 sebesar US$ 51,9 miliar. Jika dirinci per platform sebagai berikut:

  • Shopee 36% atau sekitar US$ 18,7 miliar
  • Tokopedia 35% atau setara US$ 18,1 miliar
  • Lazada 10% atau sekitar US$ 5,19 miliar
  • Bukalapak 10% atau setara US$ 5,19 miliar
  • TikTok 5% atau sekitar US$ 2,6 miliar
  • Blibli 4% atau setara US$ 2,1 miliar

Gabungan GMV TikTok dan Tokopedia US$ 21,7 miliar atau sekitar Rp 336,7 triliun di Indonesia tahun lalu. Sementara itu, Shopee US$ 18,7 miliar (Rp 290 triliun), Lazada dan Bukalapak masing-masing US$ 5,19 miliar (Rp 80,5 triliun), serta Blibli US$ 2,1 miliar (Rp 32,6 triliun).

Pada Oktober, Momentum Works kembali menerbitkan laporan terkait proyeksi GMV e-commerce tahun ini. Namun kali ini Asia Tenggara.

Rincian prediksi GMV masing-masing e-commerce di Asia Tenggara tahun ini sebagai berikut:

  • TikTok Shop 13,9%
  • Shopee 45,9%
  • Tokopedia 14,2%
  • Lazada 17,5%
  • Lainnya 8,6%

Sementara itu, laporan Google, Temasek, dan Bain and Company bertajuk ‘e-Conomy SEA 2023’ memprediksi GMV e-commerce Asia Tenggara naik 6% secara tahunan atau year on year (yoy) dari US$ 130 miliar menjadi US$ 139 miliar tahun ini.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...