Jokowi-Airlangga Saling Puji Jelang Munas Golkar

Airlangga Hartarto kembali mencalonkan diri sebagai ketua umum Golkar pada Munas partai berlambang beringin ini pada 4-6 Desember 2019.
Dimas Jarot Bayu
Oleh Dimas Jarot Bayu
6 November 2019, 22:32
Ketua MPR Bambang Soesatyo (kiri) berjabat tangan dengan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto (kanan). Bamsoet tengah diisukan sebagai kandidat Ketua Umum Partai Golkar periode 2019-2024 di Munas pada Desember 2019.
ANTARA FOTO/Nova Wahyudi
Ketua MPR Bambang Soesatyo (kiri) berjabat tangan dengan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto (kanan). Bamsoet tengah diisukan sebagai kandidat Ketua Umum Partai Golkar periode 2019-2024 di Munas pada Desember 2019.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memuji Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto sebagai figur yang baik. Menurutnya, Golkar dapat semakin maju ke depan di bawah kepemimpinan Airlangga. 

“Saya yakin Golkar akan semakin matang. Golkar akan terus melejit karena ketuanya top,” kata Jokowi dalam acara peringatan hari ulang tahun ke-55 Golkar di Hotel Sultan, Jakarta, Rabu (6/11).

Jokowi mengatakan, pujiannya terhadap Airlangga bukanlah tanpa alasan. Salah satu faktornya, karena Airlangga saat ini juga menjabat sebagai Menteri Koordinator Perekonomian.

(Baca: Jelang Munas Golkar, Pimpinan DPD Berstatus Plt Jadi Sorotan)

Eks Gubernur DKI Jakarta itu mengatakan, Menko Perekonomian merupakan jabatan strategis. Jabatan itu tak mudah untuk diemban, terlebih di tengah guncangan ekonomi dunia saat ini.

Menurut Jokowi, banyak negara lain yang ekonominya sudah menurun. Sementara, Indonesia hingga saat ini mampu menahan pertumbuhan ekonomi di kisaran 5%. “Saya meyakini beliau mampu membawa amanah itu. Bukan hal yang gampang,” katanya.

Dalam kesempatan tersebut, Airlangga juga memuji Jokowi. Menurutnya, Jokowi telah berhasil memimpin kemitraan ekonomi kompehensif regional (Regional Comprehensive Economic Partnership/RCEP).

Selama tujuh tahun berunding, baru saat ini RCEP telah menyelesaikan 20 bab perundingan. “Di mana country coordinator-nya adalah Indonesia. Pencapaian ini jauh lebih baik dibandingkan tahun terakhir yang baru menyelesaikan tujuh bab,” kata Airlangga.

Airlangga mengatakan, Golkar akan terus mendukung pemerintahan Jokowi dalam menjaga stabilitas politik dan memperkuat demokrasi dalam negeri.

(Baca: Bamsoet Jadi Ketua MPR, Siasat Airlangga Pertahankan Ketum Golkar)

Golkar juga akan meyakini pemerintah saat ini mampu mendorong pertumbuhan ekonomi dan membuka peluang investasi. “Serta meningkatkan dunia pendidikan kita dan menciptakan lapangan kerja,” kata Airlangga.

Aksi saling puji Jokowi-Airlangga itu terjadi berdekatan dengan agenda Musyawarah Nasional (Munas) Golkar yang rencananya digelar pada 4-6 Desember 2019, berdasarkan hasil keputusan Rapat Pleno Golkar, Selasa (5/11).

Salah satu agenda dalam Munas Golkar, yakni pemilihan Ketua Umum Golkar. Airlangga kembali mencalonkan diri sebagai calon ketua umum partai berlambang beringin tersebut.

Reporter: Dimas Jarot Bayu
Editor: Ekarina

Video Pilihan

Artikel Terkait