Tingkatkan Produksi Migas, Pertamina Percepat Pemasangan Anjungan

Lapangan YY diharapkan menyumbang tambahan produksi minyak sebesar 4.065 BOPD dan gas bumi mencapai 25,5 MMSCFD di kepala sumur pada September 2019
Image title
7 Mei 2019, 13:46
produksi blok onwj, pertamina hulu energi, skk migas, lapangan yy, anjungan yya
Katadata
Ilustrasi, PHE rampungkan pemasangan Anjungan di Lepas Pantai Jawa Barat untuk percepatan pengembangan Lapangan YY, ONWJ

Pertamina Hulu Energi Offshore North West Java (PHE ONWJ) berusaha mempercepat pengembangan Lapangan YY guna meningkatkan produksi migas nasional. Salah satu caranya dengan mempercepat proses pemasangan Anjungan YYA di Perairan Pantai Utara Jawa Barat.

Saat ini Anjungan YYA telah terpasang. PHE pun berharap proyek dengan alokasi biaya US$ 85,4 juta bisa berproduksi pada akhir September 2019. Potensi cadangan minyaknya mencapai 4 juta barel (MMBO) dan gasnya sebesar 21,2 miliar kaki kubik (BSCF). 

Lapangan YY diharapkan akan menyumbang tambahan produksi minyak sebesar 4.065 barel per hari (BOPD) dan gas bumi mencapai 25,5 juta kaki kubik per hari (MMSCFD) di kepala sumur. Produksi dari lapangan ini akan digunakan seluruhnya untuk kepentingan dalam negeri sehingga menjadi pendorong roda perekonomian industri di sekitar wilayah kerja PHE ONWJ.

Direktur Pengembangan PHE, Afif Saifudin mengatakan Proyek YY dikawal secara ketat oleh Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha  Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) karena akan onstream tahun ini dan memberikan kontribusi dalam mencapai target produksi. Karena itu, PHE berusaha melakukan percepatan pengembangan Lapangan YY. "Kami akan mendorong agar proyek ini dapat selesai lebih cepat," ujar Afif dalam siaran pers, Selasa, (7/5).

Advertisement

(Baca: Pertamina Target Pengeboran Sumur Naik Dua Kali Tahun Ini)

GM PHE ONWJ Slamet Susilo menambahkan, biarpun PHE tengah mempercepat pengembangan Lapangan YY, namun aspek keselamatan, kesehatan, dan lindung kerja tetap diperhatikan. Slamet mencontohkan selama pengerjaan Anjungan YYA sejak dimulainya tahap pabrikasi pada Agustus 2018, hingga instalasi di April 2019, milestone pengembangan Lapangan YY diharapkan memenuhi OTOBOSOR (on time, on budget, on scope, dan on return).

Setelah proses instalasi, Anjungan YYA diberangkatkan dari Handil, Kutai Kertanegara, Kalimantan Timur ke titik instalasi di Perairan Utara Jawa Barat selama 10 hari dengan jarak tempuh sekitar 1.700 KM. Proses instalasi pemasangan Anjungan YYA dimulai sejak 8 April 2019 dengan proses pengangkatan jacket platform YYA (tripod) dari barge Kreuz 282 oleh barge KP-1 menuju koordinat instalasi.

Setelah itu dilanjutkan dengan proses pemancangan (piling), pemasangan boat landing, pemasangan riser, dan terakhir dilakukan pemasangan topside serta debris survey untuk kesiapan pemboran yang diselesaikan pada tanggal 29 April 2019.

(Baca: Pacu Produksi Migas, Pertamina Hulu ONWJ Rampungkan Anjungan Baru)

 

Reporter: Verda Nano Setiawan
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait