Presiden Jokowi akan Membuka Indonesia Digital Conference AMSI 2020

Happy Fajrian
13 Desember 2020, 21:46
jokowi, indonesia digital conference 2020, erick thohir, sri mulyani,
Katadata
Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) bakal menggelar Indonesia Digital Conference (IDC) 2020 secara virtual pada 15-16 Desember 2020. Acara ini bakal dibuka oleh Presiden Joko Widodo, serta Menteri BUMN Erick Thohir dan Menteri Keuangan Sri Mulyani yang akan memberikan keynote speech.

Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) bakal kembali menggelar Indonesia Digital Conference (IDC) 2020 yang akan digelar selama dua hari pada Selasa-Rabu 15-16 Desember 2020. Berbeda dengan IDC sebelumnya, acara tahun ini digelar secara virtual untuk menghindari penularan virus corona atau Covid-19.

Acara ini rencananya akan dibuka oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Turut tampil pula Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir dan Menteri Keuangan Sri Mulyani untuk menyampaikan keynote speech.

“Keynote dalam kegiatan IDC AMSI hari pertama adalah Menteri Keuangan Sri Mulyani dan Menteri BUMN Erick Thohir di hari kedua,” ujar Ketua Panitia IDC 2020, Wonsono dalam siaran pers pada Sabtu (12/12).

IDC 2020 akan mengangkat tema mengangkat tema 'Inovasi Beyond Pandemi'. Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut, menjelaskan bahwa situasi yang sulit karena pandemi Covid-19 mempercepat proses digitalisasi pada hampir semua aspek kehidupan manusia.

“Demi menekan penyebaran virus, misalnya, semua pihak harus memaksimalkan kekuatan teknologi bekerja, dengan menggelar rapat virtual, event virtual, sekolah virtual dan sekian hal yang hari ini terlihat menjadi ‘normal baru’,” ujarnya.

Kalangan pebisnis, BUMN, dan pemerintah, yang dihimpit kesulitan karena pandemi ini, juga menciptakan sejumlah inovasi baru yang memudahkan kehidupan meski mobiltas serba terbatas.

"Sejumlah inovasi itu haruslah direkam dengan baik oleh media massa, serta dipublikasi kepada orang ramai. Setelah pandemi berakhir pun, sejumlah inovasi itu tetap perlu dilanjutkan, karena memudahkan hidup kita," kata Wens yang juga menjabat sebagai Chief Content Officer (CCO) Kapanlagi Youniverse (KLY).

Sementara itu Anthony menambahkan bahwa percepatan inovasi dan transformasi digital di tengah pandemi Covid-19, harus memberi manfaat besar bagi seluruh bangsa.

Untuk itu, inovasi tersebut harus menciptakan efisiensi, serta ekosistem dan transformasi digital yang dapat menunjang berbagai kebutuhan. “Selain itu inovasi yang ada perlu dipikirkan keberlanjutannya pascapandemi,” ujarnya.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...