Tingkat Transmisi Covid-19 RI 0,59%, di Bawah Rata-rata Dunia 0,94%

Abdul Azis Said
20 September 2021, 18:27
covid-19, ppkm, airlangga hartarto
ANTARA FOTO/Basri Marzuki/rwa.
Petugas menunjukkan cara penggunaan aplikasi PeduliLindungi kepada warga yang akan memasuki kawasan pusat perbelanjaan di Palu, Sulawesi Tengah, Rabu (8/9/2021).

Pemerintah mengklaim bahwa kondisi penyebaran Covid-19 di Indonesia terus menunjukkan perbaikan. Menteri Koordinator bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, hal ini terindkasi dari rasio transmisi yang jauh di bawah rata-rata global dan lebih baik dari sejumlah negara maju.

Airlangga menyebut rasio transmisi Covid-19 Indonesia pada 14 September sebesar 0,59%, ini sebagaimana data yang ia kutip dari Ourworldindata, jauh di bawah rata-rata global 0,94% dan sejumlah negara maju seperti Australia 1,14% dan Amerika Serikat (AS) 1,03%.

"Penilaian di bawah 1% ini menandakan bahwa angka infeksi komunitas dan pandemi ini mulai terkendali," kata Airlangga dalam Konferensi Pers Perkembangan PPKM, Senin (20/9).

Dia juga membandingkan tingkat transmisi RI dengan sejumlah negara tetangga yang menghadapi lonjakan kasus lebih parah dalam beberapa pekan terakhir. Malaysia tercatat memiliki transmisi 0,95%, Thailand 0,9%, Tiongkok 1,53%, Singapura bahkan berkali lipat dari Indonesia yakni 1,81%.

Namun Airlangga juga menyoroti tingkat transmisi di luar Jawa Bali justru jauh di atas rata-rata nasional. Sumatera 0,99%, Kalimantan, Bali dan Papua antara 1,0% hingga 1,2%. Kemudian Sulawesi, Nusa Tenggara dan Maluku memiliki rasio 1,01% hingga 1,03%.

"Walaupun mulai terkendali masih ada risiko peningkatan kasus yang diakibatkan oleh peningkatan mobilitas. Sehingga kita masih perlu berhati-hati dan waspada," kata Airlangga.

Halaman:
Reporter: Abdul Azis Said

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...