Menakar Peluang Ketum Golkar Airlangga Hartarto Maju pada Pilpres 2024

Image title
26 Oktober 2021, 20:43
airlangga hartarto, pilpres 2024, elektabilitas
ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/rwa.
Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto mencoba mobil filter air sebelum mendistribusikan ke lokasi bencana alam di Kantor Studio Digital Partai Golkar, Jakarta, Jumat (22/1/2021).

Menko Perekonomian sekaligus Ketua Umum Golkar, Airlangga Hartarto, dinilai memiliki peluang besar untuk maju dalam Pemilihan Presiden atau Pilpres 2024. Sejumlah pengamat politik menyebut elektabilitas Airlangga terdongkrak keberhasilannya memimpin Golkar dan capaiannya sebagai menteri.

Direktur Eksekutif Indonesia Political Opinion (IPO) Dedi Kurnia Syah menilai potensi Airlangga cukup besar karena Golkar memiliki porsi yang besar sehingga hanya membutuhkan satu dukungan partai lain untuk mendapat tiket pencalonan presiden.

Kedua adalah karena sosok Airlangga saat ini dianggap sebagai sosok yang paling berhasil dalam memimpin Partai Golkar. "Terutama pasca 2004 dimana tradisi Golkar yang selama ini bangun adalah konsolidatif hilangnya konflik-konflik internal," jelas Dedi kepada Katadata.co.id, Selasa (26/10).

Kemenangan Golkar pada gelaran Pilkada 2020 di mana banyak daerah dikuasai Golkar juga tidak lepas dari peranan Airlangga. Kinerjanya sebagai Menko Perekonomian dan Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) juga mendapat banyak apresiasi dari publik.

Dedi menilai keberhasilan Airlangga menjadi modal bahwa elektabilitasnya memiliki pertanggung jawaban prestasi yang cukup baik. Dirinya kemudian lantas menyampaikan dengan kondisi tersebut, Golkar sudah dipastikan akan maju sebagai kontestan Pilpres 2024 mendatang.

"Dari Golkar tidak ada tokoh lain yang sampai sekarang mulai mengemuka sebagai rival dari Airlangga Hartarto," ujar Dedi.

Hal yang sama juga diutarakan oleh Pengamat Politik Arif Nurul Imam. Dia menyebut bahwa peluang Airlangga untuk maju dalam pilpres masih terbuka. Hal ini karena dia memiliki kendaraan politik dan masih berpotensi dalam menggenjot elektabilitasnya. Setidaknya menurut Arif, Airlangga bisa maju sebagai calon wakil presiden.

"Setidaknya karena punya dua modal, pertama memiliki kendaraan politik dan kedua masih potensi untuk menggenjot elektabilitas," ujar Arif kepada katadata pada Selasa (26/10).

Menurut Dedi, Airlangga sebagai Ketua Umum DPP Golkar memiliki keunggulan tersendiri untuk maju dalam pilpres mendatang. Airlangga tidak perlu menunggu keputusan karena memiliki kekuasaan untuk menentukan siapa yang akan diusungnya. Berbeda dengan partai politik lain seperti PDI Perjuangan.

Halaman:
Reporter: Nuhansa Mikrefin
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...