12 Hidangan Utama Makanan Khas Perancis nan Lezat

Dwi Latifatul Fajri
29 Juni 2022, 15:25
Makanan Khas Perancis
www.chefspencil.com
Makanan Khas Perancis Coquilles Saint-Jacques

Makanan khas Perancis menggunakan produk lokal yang segar. Contoh makanan khas Perancis populer yaitu Baguette, Kroisan, Crepes, Crème brulee. Ketiga makanan tersebut ada di kafe Indonesia.

Baguette, Kroisan, Crepes, dan Crème brulee termasuk hidangan manis dan gurih. Baguette adalah sejenis roti berbentuk lonjong, tipis, dan panjang. Roti kedua adalah Croissant yang bentuknya mirip bulan sabit. Ada juga roti krispi yang diisi coklat dan strawberry crepes.

Sedangkan Crème brulee adalah makanan penutup manis. Creme brulee dikenal sebagai krim yang dibakar bagian atas. Bagian atas adalah gula karamel yang manis. Sementara bagian krim berwarna kuning terbuat dari krim cair, susu, telur, dan gila pasir. Selain keempat makanan ini, berikut daftar makanan khas Perancis populer sebagai hidangan utama.

Makanan Khas Perancis

1. Coquilles Saint-Jacques

Coquilles Saint-Jacques
Coquilles Saint-Jacques (www.chefspencil.com)

Perancis dikenal hidangan laut yang menggugah selera. Salah satunya Coquilles Saint-Jacques hidangan dari kerang. Cara membuat kerang ini yaitu daun bawang dicincang, lalu ditumis bersama mentega.

Cara lain memasak makanan khas Perancis satu ini, yaitu dengan memasak kerang secara terpisah. Kemudian daging kerang dimasukkan kembali ke dalam cangkang. Bagian atas ditambah remah roti dan keju parut. Kemudian kerang dimasak dalam oven sampai matang.

2. Coq au vin

Coq au vin termasuk hidangan utama di Perancis. Bahan utama adalah ayam yang direbus bersama anggur, jamur, babi asin, bawang putih, dan bawang bombay. Ada juga bahan tambahan setetes brendi ketika dimasak.

3. Soupe à l’oignon

Soupe à l’oignon adalah sup bawang yang menjadi salah satu makanan khas Perancis. Sup bawang ini menjadi makanan pokok di Spanyol. Soupe à l’oignon sudah ada sejak kekaisaran Romawi. Sup bawang terbuat dari irisan bawang, kaldu daging, karamel, dan keju. Ada juga isian sayuran pengganti daging di bagian sup.

4. Soupe de Poissons (Sup Ikan)

Perancis memiliki sup ikan, hidangan sederhana dan terjangkau di pelabuhan Marseille. Pelabuhan ini merupakan kota terbesar kedua di Perancis. Para nelayan menggunakan ikan untuk direbus menjadi sup.

Resep Soupe de Poissons yaitu ikan, tomat, dan bumbu halus. Setelah matang menjadi sup, ditambahkan mayones di bagian atas sup. Makanan ini cocok dinikmati ketika musim dingin.

5. Flamiche

Flamiche
Flamiche (www.expatica.com)

Flamiche artinya kue dalam bahasa Belanda. Makanan ini berasal dari Perancis Utara yang dekat dengan Belgia. Flamiche hampir sama dengan puff pastry yang diisi keju dan sayuran. Isian bahan kue Flamiche adalah daun bawang dan krim.

6. Cassoulet

Nama Cassoulet berasal dari kata yang berarti panci. Hidangan utama makanan khas Perancis ini menggunakan panci untuk memanggang makanan. Panci dipakai sebagai alat untuk memasak tradisional di Perancis.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement