KAI Sudah Angkut 3,76 Miliar Orang-426 Juta Ton Barang dalam 15 Tahun

Cahya Puteri Abdi Rabbi
25 November 2021, 16:40
kereta, kereta api, transportasi
@KAI121/twitter
Kereta Api Indonesia

Kereta Api telah  menjadi moda transportasi yang  semakin diandalkan dalam menunjang pergerakan manusia dan barang. Selama kurun 2006-2021, moda berbasis rel tersebut bahkan sudah mengangkut 3,7 miliar penumpang.

Selama periode tersebut, PT Kereta Api Indonesia juga telah mengangkut sekitar 426 juta ton komoditas. 

Untuk mendukung kinerja Kereta Api,  Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) telah membangun sekitar 1.937 Km jalur kereta api dalam kurun waktu 15 tahun.

“Pembangunan jalur KA yang dilakukan meliputi pembangunan jalur baru, maupun peningkatan dan reaktivasi jalur-jalur lama,” kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi pada acara Webinar “15 Tahun DJKA, Merajut Asa Perkeretaapian Indonesia”, Kamis (25/11).

 Beberapa proyek prioritas pembangunan jalur kereta api yang dilakukan antara lain pembangunan jalur ganda kereta api lintas Utara dan Selatan Jawa.

Juga, Kereta Bandara di Sumatera Utara, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Solo, Yogya dan Jakarta.

Peningkatan pelayanan perkeretaapian juga dilakukan dengan membangun maupun merevitalisasi dan merenovasi sejumlah stasiun kereta api dilakukan di berbagai daerah.

Upaya lain yang ditempuh adalah membangun kereta api perkotaa seperti KRL, light rail transit (LRT), dan mass rapid transit (MRT).

Kendati mengalami kemajuan pesat tetapi masih ada sejumlah kendala dalam memperbaiki layanan kereta api.

 Sekretaris Jenderal Ditjen KA Zulmafendi mengatakan, perkembangan ilmu dan teknologi di bidang perkeretaapian yang semakin canggih belum diimbangi dengan kemampuan dan ketersediaan SDM yang memadai.

"Ini merupakan hal penting untuk segera kita tingkatkan agar dapat mengimbangi kemajuan teknologi perkeretaapian, baik sarana dan prasarana, maupun sistem pengoperasian kereta api," kata Zulmafendi.

Halaman:
Reporter: Cahya Puteri Abdi Rabbi
Editor: Maesaroh
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...