Kemenperin Gandeng Inaproduct untuk Pasarkan Produk Industri Kecil

Andi M. Arief
14 Januari 2022, 16:04
Kemenperin, industri, IKM, e-commerce
https://inaproduct.com
Ilustrasi Inaproduct

 Kementerian Perindustrian (Kemenperin)  menggandeng  penyedia platform marketplace PT Ina Produk Indonesia (Inaproduct.com) untuk memperluas pemasaran produk industri kecil dan menengah (IKM).

Kerja sama tersebut akan meliputi penyediaan dan pertukaran data dan informasi dan digitalisasi data IKM.

Kerja sama juga meliputi peningkatan kapasitas SDM serta usaha IKM melalui pelatihan, bimbingan teknis, pendampingan, serta fasilitasi promosi dan pemasaran. 

“Nantinya, Ina Produk dan Kemenperin akan bersama-sama mengidentifikasi potensi IKM, dan meningkatkan promosi serta akses pemasaran di dalam dan luar negeri,” kata Direktur Jenderal Industri Kecil, Menengah, dan Aneka (IKMA) Reni Yanita di Jakarta, Jumat (14/1).

 Kerja sama tersebut diharapkan bisa membantu IKM untuk ikut menikmati peningkatan transaksi e-commerce yang diperkirakan masih akan tinggi pada tahun ini.

Bank Indonesia memproyeksikan transaksi e-commerce di Indonesia pada 2022 mencapai Rp 530 triliun. Angka itu lebih tinggi dari transaksi e-commerce pada tahun lalu yang diperkirakan menyentuh Rp 403 triliun.

"Ini (sebagai salah satu bentuk) akselerasi untuk lebih memberdayakan (pelaku IKM). Dengan (kerja sama) marketplace yang ada ini (memberikan) jaminan legal secara produksi, badan hukum, dan pesanan (kepada pelanggan)," kata Reni.

Adapun, platform belanja daring yang melakukan kerja sama dengan Kemenperin adalah PT Ina Produk indonesia atau Inaproduct.com. 

Reni menganalogikan Kemenperin dalam kerja sama ini sebagai pemasok pemilik toko yang terverifikasi pada mal yang dimiliki Ina Produk.

  Mal yang dimaksud nantinya dapat ditemukan dalam Direktori Produk Indonesia dalam laman resmi Ina Produk. 

Program peningkatan jumlah partisipasi IKM di pasar digital merupakan salah satu langkah strategis Kemenperin.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Editor: Maesaroh
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...