Direct Call Ekspor Manado-Jepang Dibuka, BC Makin Galakkan Ekspor

Adanya ekspor ini berhasil menormalkan harga ikan yang sebelumnya sempat turun kini kembali stabil dan meningkatkan kesejahteraan nelayan
Image title
Oleh Tim Publikasi Katadata - Tim Publikasi Katadata
28 September 2020, 19:25
Ditjen Bea dan Cukai
Katadata

Manado- Direktur Jenderal Bea dan Cukai, Heru Pambudi, lewat webinar menghadiri peluncuran direct call ekspor Manado-Jepang, Rabu (23/09) lalu. Dalam acara yang turut disaksikan Gubernur Sulawesi Utara, Olly Dondokambey, ini Bea Cukai mendukung direct call ekspor karena akan semakin menggalakkan eskpor dari Indonesia timur.

Dari ekspor perdana ini membawa hasil maritim dengan tonase 10,5 ton dari Manado dan delapan ton dari Jakarta, dengan Pesawat Kargo Garuda Indonesia Airbus A330-200. Penerbangan kargo dengan nomor penerbangan GIA-8800/GIA-8810 rute Jakarta – Manado – Narita, Jepang ini akan rutin berjalan setiap hari Rabu dengan estimasi waktu keberangkatan 23.40 WITA.

Gubernur Sulawesi Utara, Olly Dondokambey sangat bersukur  karena akhirnya Provinsi Sulawesi Utara dapat mengerahkan hasil lautnya. “Adanya ekspor ini berhasil menormalkan harga ikan yang sebelumnya sempat turun kini kembali stabil dan meningkatkan kesejahteraan nelayan,” katanya.

Heru Pambudi mengungkapkan sebagai langkah pemulihan ekonomi nasional, ekspor ini diharapkan dapat membentuk interkoneksi Indonesia tengah dan timur dalam rangka menjadikan Bandara Sam Ratulangi sebagai superhub dengan tujuan akhir memunculkan investasi-investasi baru serta peningkatan ekspor untuk memajukan ekonomi Indonesia khususnya bagian tengah dan timur.

"Kami semua berharap adanya ekspor ini akan menmicu kegiatan lainnya yang lebih luas," kata Heru.

Video Pilihan

Artikel Terkait