Sertifikat Energi Terbarukan (REC) PLN Semakin Diminati

Produsen garmen di Tegal akan gunakan Sertifikat Energi Terbarukan (REC) dari PLN selama 10 Tahun
Padjar Iswara
Oleh Padjar Iswara - Tim Riset dan Publikasi
13 Maret 2022, 15:07
REC PLN
PLN
Penandatangan MoU Pembelian Renewable Energy Certificate (REC) antara PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Tegal dengan PT Winners International, Kamis (10/3)

PT PLN (Persero) mendorong pemanfaatan Energi Baru Terbarukan (EBT) melalui fasilitas Renewable Energy Certificate (REC) atau Sertifikat Energi Terbarukan.

Komitmen tersebut diwujudkan dengan penandatanganan pembelian REC antara PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Tegal dengan PT Winners International, salah satu perusahaan yang bergerak di bidang produksi dan ekspor tekstil, pada Kamis (10/3).

Penandatanganan ini dilakukan oleh Manajer PLN UP3 Tegal, Suparje Wardiyono dengan Direktur PT Winners International, Ha Hong Dae bertempat di kantor PT Winners International, Jalan Raya Marga Ayu KM. 33  Margasari, Kabupaten Tegal.

Manager PLN UP3 Tegal, Suparje Wardiyono mengatakan, PT Winners International menyepakati pembelian REC selama 10 tahun sesuai dengan akumulasi pemakaian listrik selama tiga bulan.  

Satu unit REC setara dengan 1 Mega Watt hour (MWh).  Adapun pemakaian listrik rata-rata PT Winners International sendiri sekitar 280 MWh per bulannya.

“Alhamdulillah, bisa dicapai kesepakatan perjanjian jual beli Sertifikat Energi Terbarukan, harapannya dari sisi PLN dapat meningkatkan penetrasi energi terbarukan,” kata Suparje.

Suparje mengatakan, REC merupakan salah satu wujud komitmen PLN dalam mewujudkan target Net Zero Emission. Melalui pembelian ini, PT Winners International turut berkontribusi dalam mendukung pencapaian target bauran energi baru terbarukan di Indonesia sebesar 23 persen pada 2025.

Perwakilan PT Winners International, Hardiyanto mengapresiasi PLN atas dukungan akan kebutuhan Energi Baru dan Terbarukan PT Winners International. Dia pun berterima kasih kepada PLN UP3 Tegal yang telah melaksanakan MOU pembelian REC dengan PT Winners International terkait REC.

“Tujuan kami adalah untuk mendapatkan pengakuan bahwa kami telah menggunakan energi listrik terbarukan,” ujar Hardiyanto.

Bagi pelanggan yang ingin melakukan pembelian REC PLN, baik untuk individu maupun korporasi, dapat langsung mengunjungi website https://layanan.pln.co.id/renewable-energy-certificate.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait