Konsorsium Jasa Marga Menangkan Lelang Tol Jakarta - Cikampek II

Selain itu, konsorsium Jasa Marga juga memenangkan lelang pembangunan tol Probolinggo – Banyuwangi.
Ameidyo Daud Nasution
Oleh Ameidyo Daud Nasution
9 Desember 2017, 05:54
Jasa Marga
Arief Kamaludin|KATADATA

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyatakan PT Jasa Marga (Persero) Tbk memenangkan dua lelang proyek tol teranyar. Dua tol tersebut adalah Probolinggo - Banyuwangi serta Jakarta – Cikampek II Selatan.

Kepala Bidang Investasi Badan Pengatur Jalan Tol Sudiro Roy mengatakan, untuk ruas Probolinggo - Banyuwangi, Jasa Marga beserta konsorsiumnya yakni PT Waskita Karya (Persero) Tbk dan PT Brantas Abipraya terpilih menjadi pemenang. Sedangkan untuk Jakarta - Cikampek II Selatan, operator tol tersebut memenangkannya bersama swasta yakni Wira Nusantara Bumi.

"Hari ini diumumkan, lalu ada masa sanggah 5 hari, baru kami tetapkan," kata dia di Gedung Kementerian PUPR, Jakarta, Jumat (8/12).

(Bac ajuga: Jajal Tol Soroja, Jokowi Menumpang Bus Persib)

Kepala BPJT Herry Trisaputra Zuna mengatakan sesudah para pemenang ditetapkan, Pemerintah akan memastikan penetapan lokasi tol tersebut. Ini agar lahan dapat segera tersedia dan pembangunan dapat dimulai. "Tahun depan segera konstruksi," ujarnya.

Herry memprediksi penyediaan lahan tol Probolinggo - Banyuwangi bisa lebih cepat ketimbang Jakarta - Cikampek Selatan. Ini lantaran sudah ada lahan milik PT Perhutani yang siap dialihfungsikan dalam pekerjaan proyek tersebut. "Kalau yang Jakarta - Cikampek Selatan baru mau pengadaan," katanya.

Sedangkan dari data BPJT, enam ruas lainnya yang masih akan dilelang adalah Semarang - Demak, Akses Tanjung Priok, Jembatan Suramadu, Cileunyi - Tasikmalaya - Cilacap, Cilacap - Yogyakarta - Solo, serta Tegal - Cilacap.

Reporter: Ameidyo Daud Nasution
Editor: Pingit Aria

Video Pilihan

Artikel Terkait