22 Manfaat Temulawak untuk Kesehatan dan Kecantikan Wajah

Siti Nur Aeni
18 Agustus 2021, 10:40
22 Manfaat Temulawak untuk Kesehatan dan Kecantikan Wajah
pixabay.com
Ilustrasi Temulawak yang kaya manfaat untuk kesehatan tubuh

Temulawak atau curcuma xanthorrhiza merupakan tanaman rempah asli Indonesia yang kaya manfaat. Sekilas, penampakan rempah ini mirip dengan kunyit. Hanya saja, aroma dari keduanya berbeda.

Temulawak terkenal dengan rasanya yang pahit. Meskipun rasanya kurang banyak disukai, namun manfaat temulawak sangat banyak, sehingga orang-orang memburunya untuk berbagai keperluan.

Kandungan Temulawak

Sama halnya dengan rempah-rempah lainnya, temulawak juga memiliki berbagai kandungan senyawa aktif yang banyak untuk tubuh. Dikutip dari laman hellosehat.com, temulawak mengandung senyawa yang dikenal dengan kurkuminoid. Senyawa ini memberikan warna kuning pada rimpang ini.

Selain pewarna alami, temulawak mengandung minyak atsiri, pati, lemak, protein, selulosa, mineral dan lain sebagainya. Kandungan inilah yang menjadikan temulawak kaya akan khasiat bagi kesehatan tubuh.

Manfaat Temulawak untuk Kesehatan

Ada banyak sekali manfaat dari temulawak, pada laman hellosehat.com dan sehatq.com dijelaskan beberapa manfaat dari rimpang herbal ini untuk kesehatan, baik pencegahan maupun pengobatan. Beberapa manfaat temulawak untuk kesehatan telah kami rangkumkan dalam penjelasan berikut ini.

1. Mengatasi Gangguan Pencernaan

Temulawak ternyata memiliki kemampuan untuk meningkatkan produksi cairan empedu. Cairan ini sangat diperlukan untuk proses pencernaan dan metabolisme. Selain melancarkan metabolisme, temulawak dipercaya bisa mengatasi perut kembung, melancarkan pencernaan, dan meningkatkan nafsu makan. Hasil penelitian yang diterbitkan dalam Jurnal Clinical Gastroenterology and Hepatology membuktikan bahwa pasien radang usus bisa lebih cepat sembuh setelah rutin mengkonsumsi temulawak.

Selain untuk mengatasai gangguan sistem pencernaan, temulawak bermanfaat dalam mengatasi gangguan lambung. Dr. Aditya Pratama di alodokter.com menjelasakan bahwa temulawak bermanfaat untuk mengatasi iritasi pada saluran pencernaan, perut kembung, dan gangguan lambung. Sari dkk (2017) pada Prosiding Seminar Nasional Biology for Life juga menjelaskan bahwa temulawak dan brotowali bisa digunakan sebagai obat lambung.

Akan tetapi, manfaat temulawak untuk lambung ini hanya boleh dikonsumsi jika memberikan efek baik bagi tubuh dan tidak disarankan mengkonsumsi rutin lebih dari 18 minggu. Hal ini dikarenakan konsumsi temulawak dalam jangka panjang bisa memberikan efek samping kurang baik untuk saluran pencernaan.

2. Mengatasi Penyakit Sendi

Manfaat temulawak untuk kesehatan berikutnya yakni bisa membantu mengatasi penyakit pada sendi atau yang dikenal juga dengans ebutan Osteoarthritis. Penyakit ini akan menyebabkan sendi menjadi sakit dan kaku.

Dalam Journal of Alternative and Complementary Medicine disebutkan bahwa temulawak ini memberikan efek seperti Ibuprofen yang merupakan obat penghilang rasa nyeri pada penderita Osteoarthritis. Akan tetapi sebelum memutuskan menggunakan temulawak untuk pengobatan penyakit sendi, tak ada salahnya untuk konsultasikan terlebih dahulu pada dokter agar tidak keliru.

3. Mencegah dan Membantu Pengobatan Penyakit Kanker

Meskipun penelitian tentang manfaat temu lawak untuk kanker ini masih terbilang sedikit, banyak ahli yang percaya bahwa rempah yang satu ini berkhasiat untuk mengatasi penyakit kanker terutama kanker prostat, kanker payudara, dan kanker usus. Bahkan peneliti di Universitas Maryland Medical Center menyebutkan bahwa tanaman herbal ini bisa menghentikan pertumbuhan sel kanker karena memiliki kandungan antiokasidan. Hal tersebut berlaku juga pada temulawak.

4. Sebagai Antiradang, Antibakteri, dan Antijamur

Manfaat lainnya dari temulawak yaitu bisa menjadi antiradang, antibakteri, dan antijamur alami. Sebagai antiradang, temulawak mampu untuk mencegah produksi prostaglandin E2 yang bisa menyebabkan peradangan. Sifat antiradang ini yang membuat temulawak mengatasi radang sendi.

Temulawak juga memiliki sifat antibakteri dan antijamur yang bisa mencegah pertumbuhan bakteri seperti Staphylococcus dan Salmonella. Selain itu, sifat antijamur ini juga bisa menghilangkan jamur dari kelompok dermatofita.

5. Menjaga Kesehatan Hati

Berdasarkan penjelasan dari Scientific Research Journal (2014), temulawak juga berfungsi untuk menjaga kesehatan hari dari hepatotoksin atau bahan kimia yang berdampak buruk pada hati. Sehingga dengan kata lain, konsumsi temulawak bisa menjaga agar organ hati bisa tetap sehat dan menjalankan fungsinya dengan baik.

6. Menjadi Obat Diuretik

Mungkin masih banyak diantara kita yang belum mengetahui apa itu obat diuterik? Diuretik sendiri merupakan sebuah zat yang berperan dalam membersihkan tubuh dari natrium atau garam dan air. Hal ini sangat diperlukan sebab jika tidak dibersihkan bisa menyebabkan penumpukan cairan dan bisa gangguan pada ginjal. Zat diuretik ini juga berperan untuk melepas natrium ke sistem urin. Temulawak sebagai obat diuretik alami berperan dalam mengambil cairan berlebih di dalam pembuluh darah.

7. Mencegah risiko serangan jantung

Manfaat temulawak untuk jantung karena rempah ini memiliki kandungan kurkumin yang bisa memperbaiki fungsi dari endotelium atau selaput tipis yang melapisi jantung bagian dalam dan pembuluh darah. Sel endotelium akan melepaskan zat yang fungsinya mengontrol relaksasi dan kontraksi dari pembuluh darah.

8. Mengatasi IBS

IBS atau Irritable Bowel Syndrome merupakan sebuah kondisi ketika ada gangguan pada urus besar yang disebabkan kontraksi tidak normal. Biasanya penderita IBS akan merasakan gejala seperti sakit perut, kembung, kram pada perut, sembelit, dan diare. IBS bisa diatasi dengan konsumsi obat antispasmodik yang berperan untuk membuat otot polos menjadi rileks. Salah satu rempah yang bisa menjadi obat antispasmodik yaitu temulawak.

Halaman:
Editor: Redaksi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...