Kereta Cepat Jakarta-Surabaya Mulai Dibangun 2019

Miftah Ardhian
12 Desember 2017, 20:30
No image

Proyek pembangunan kereta cepat (high speed train/HST) Jakarta-Surabaya memang masih dalam tahap kajian. Namun, rencananya proses peletakan batu pertama (groundbreaking) proyek ini akan dilakukan sebelum masa pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) selesai di tahun 2019 mendatang.

Tenaga Ahli Bidang Politik dan Media Menteri Koordiator Bidang Kemaritiman Atmadji Sumarkidjo mengatakan saat ini pemerintah memang masih belum memutuskan teknologi yang akan digunakan dalam membangun proyek ini. Pemerintah merasa masih perlu meminta kajian dari pihak lain.

Pembangunan awal proyek ini ditargetkan bisa dimulai pada 2019. "Pak Presiden (Jokowi) sih inginnya sebelum masanya habis di 2019 sudah peletakan batu pertama atau groundbreaking. Kami kejar semoga bisa," ujarnya saat media briefing di ruang pertemuan Stasiun Gambir, Jakarta, Selasa (12/12).

(Baca: Adu Jepang dan Korsel, Kajian Kereta Cepat Jakarta-Surabaya Maret 2018)

Pemerintah akan mengambil keputusan mengenai skema pembangunan proyek tersebut pada Maret 2018. Butuh waktu tambahan untuk membandingkan hasil kajian dari Korea Selatan (Korsel), Jepang dan juga Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT). Terdapat dua opsi yang dipertimbangkan yakni antara narrow gauge dan standard gauge.

Atmadji menyatakan, Menko Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan lebih condong menggunakan teknologi standard gauge. Alasannya, teknologi ini diklaim lebih maju dibandingkan narrow gauge. Di dunia pun, hanya tinggal Indonesia, Jepang, dan Australia yang menggunakan teknologi narrow gauge.

Dengan standard gauge, kereta ini bisa menempuh Jakarta-Surabaya hanya dengan waktu 3,5 jam karena memiliki kecepatan 200 km/jam. Namun, memang, biaya yang di keluarkan untuk menggunakan teknologi tersebut lebih besar jika dibandingkan dengan narrow gauge.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...