Serapan Biodiesel Capai 2,5 Juta KL, Tertinggi Sepanjang Sejarah

Miftah Ardhian
25 November 2016, 19:03
biodiesel
Arief Kamaludin | Katadata

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mencatat realisasi serapan biodiesel sepanjang awal tahun hingga 22 November 2016 mencapai 2,52 juta kiloliter (KL). Angka ini merupakan yang tertinggi sepanjang sejarah penggunaan biodiesel di Tanah Air.

"Ini naik, tertinggi. Selama sejarah kita baru kali ini sampai 2,52 juta KL," kata Sekretaris Direktorat Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) Kementerian ESDM Dadan Kusdina dalam acara temu media di Kantor Ditjen EBTKE, Jakarta, Jumat (25/11).

Meski tercatat serapan paling tinggi, volume biodiesel ini masih 87 persen dari target tahun ini. Namun, realisasinya dalam 10 bulan sudah jauh melampaui tahun-tahun sebelumnya. Pada 2014, serapan biodiesel baru mencapai 1,9 juta KL. Kemudian anjlok pada tahun lalu yang hanya 480 ribu KL.

Dadan menjelaskan dari volume tersebut, lebih banyak diserap untuk bahan bakar minyak (BBM) solar bersubsidi (PSO), dengan porsi mencapai 90 persen. Sedangkan penggunaan untuk solar nonsubsidi hanya 10 persen.

Sebenarnya realisasi serapan biodiesel masih bisa lebih tinggi lagi. Dadan mengatakan kejadian tercampurnya biodiesel dengan air di Plumpang, beberapa waktu lalu memang berdampak pada penyerapan bahan bakar nabati ini. Terdapat sekitar 5 ribu KL Biodiesel yang terdampak kejadian tersebut.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...