6 Makanan yang Mengandung Vitamin D, Penting untuk Diketahui

Siti Nur Aeni
9 November 2021, 19:17
6 Makanan yang Mengandung Vitamin D, Penting untuk Diketahui
Pixabay
Minyak ikan, salah satu makanan yang mengandung vitamin D

Vitamin D menjadi nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh agar tetap sehat dan bugar. Untuk memenuhi kebutuhan vitamin ini, bisa diperoleh dari suplemen ataupun makanan yang mengandung vitamin D.

Menurut penjelasan di alodokter.com, vitamin ini biasanya disebut sebagai pro-hormon. Vitamin ini bisa diproduksi oleh tubuh manusia dengan bantuan sinar matahari sebagai aktivator.

Dalam laman kemkes.go.id, pengaktifan vitamin D oleh sinar matahari bisa dilakukan sejak matahari tebit sampai pukul 09.00 dan jam 15.00 sampai matahari tebenam. Durasi yang dibutuhkan untuk berjemur cukup 10 – 15 menit.

Manfaat Vitamin D untuk Kesehatan

Selama masa pandemi ini, banyak orang melakukan aktivitas berjemur di pagi hari salah satu tujuannya untuk meningkatkan vitamin D dalam tubuh. Vitamin D memang berperan penting untuk mencegah tubuh dari penyakit.

Namun ternyata kegunaan dari vitamin ini sangat beragam. Mengutip dari hellosehat.com, berikut beberapa manfaat vitamin D untuk kesehatan.

1. Memelihara kesehatan tulang dan otot

Vitamin D diperlukan untuk membantu tubuh menyerap kalsium. Mineral ini yang berperan penting dalam penyusunan tulang. Apabila nutrisi tersebut terpenuhi, maka tulang menjadi lebih kuat.

2. Menjaga kesehatan ibu hamil dan bayi dalam kandungan

Ibu hamil memiliki risiko kehilangan kalsium lebih  tinggi karena harus berbagi kebutuhan nutrisi dengan bayi dalam kandungannya. Kalsium pada ibu hamil juga bisa hilang karena terbawa urin. Kehilangan kalsium semakin bertambah seiring dengan bertambahnya usia kandungan.

Sebuah penelitian juga menyebutkan bahwa rendahnya vitamin D pada ibu hamil bisa meningkatkan risiko preeklampsia, kelahiran prematur, diabetes gestasional, hingga infeksi bakterial vaginosis.

3. Mencegah autoimun

Auto imun merupakan sebuah kondisi saat imun tubuh menyerang tubuhnya sendiri. Hal tersebut membuat para penyintas auto imun mudah sakit. Salah satu penyebab auto imun ternyata karena tubuh kekurangan vitamin D.

Maka dari itu, dengan mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin D, sistem imun bisa berfungsi dengan normal. Dan tubuh terhindar dari auto imun.

4. Mencegah penyakit kronis

Manfaat vitamin D selanjutnya yaitu bisa mencegah penyakit kronis seperti gagal jantung, darah tinggi, dan kanker. Vitamin D bisa memberikan efek karsinogenik yang bisa mencegah kanker. Sebuah penelitian juga menjelaskan bahwa defisiensi vitamin D bisa meningkatkan risiko gangguan kesehatan pada janutng.

5. Memperbaiki suasana hati

Manfaat lainnya dari vitamin D yaitu bisa membantu mencegah gangguan suasana hati. Vitamin ini berhubungan dengan depresi. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa orang yang mengalami depresi mengalami perbaikan gejala setelah mengkonsumsi suplemen vitamin D.

Penelitian lain juga membuktikan bahwa kekurangan vitamin D dapat menyebabkan gangguan kecemasan. Maka dari itu, para penyintas gangguan mental, seringkali disarankan untuk memperbanyak aktivitas di luar ruangan. Hal tersebut bertujuan agar kebutuhan vitamin D terpenuhi.

Makanan yang Mengandung Vitamin D

Untuk memenuhi kebutuhan vitamin D harian, Anda bisa mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin D. Menurut penjelasan di hellosehat.com, berikut ini beberapa makanan yang memiliki kandungan vitamin D.

1. Jamur

Vitamin D bisa ditemukan dalam jamur. Jenis sayuran ini mengandung pro-vitamin yang disebut ergosterol. Pro-vitamin ini yang membantu mensintensis vitamin D saat terpapar sinar matahari. Namun kandungan tersebut tidak bisa ditemukan pada jamur yang dikembangbiakan dalam ruangan.

2. Hati sapi

Makanan yang mengandung vitamin D lainnya yaitu hati sapi. Dalam 3,5 ons hati sapi diketahui mengandung 50 satuan internasional (SI) vitamin D. Meskipun kadarnya tidak terlalu tinggi, namun vitamin D dalam hati sapi cukup beragam.

Meskipun demikian, konsumsi hati sapi tidak boleh berlebihan. Sebab dalam makanan ini juga mengandung kolesterol yang tinggi.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement