3 Rekomendasi Film Perang Dunia II, Belajar Sejarah Lewat Film

Image title
13 Juli 2021, 12:46
Rekomendasi Film Perang Dunia, Belajar Sejarah lewat Film
ANTARA FOTO/REUTERS/Evgenia Novozhenina/HP/dj
Tank tempur utama T-72 B3 Rusia melakukan latihan jelang parade Hari Kemenangan, yang menandai kemenangan atas Nazi Jerman pada Perang Dunia II, di Red Square, pusat kota Moskow, Rusia, Jumat (7/5).

Perang Dunia II dimulai pada tahun 1939 ketika Jerman menginvasi Polandia. Kemudian Inggris dan Prancis menanggapi dengan menyatakan perang terhadap Jerman. Perang tersebut terjadi antara Blok Poros (Jerman, Italia, Jepang) dan Blok Sekutu (Inggris, Amerika Serikat, Uni Soviet, Prancis). Sebagian besar negara di dunia turut terlibat dan terkena dampaknya.

Perang itu menjadi catatan kelam sejarah manusia dengan sekitar 70 juta orang tewas di seluruh dunia. Perang di Eropa berakhir dengan menyerahnya Jerman pada 7 Mei 1945., sedangkan perang di Pasifik berakhir ketika Jepang menyerah pada 2 September 1945.

Kini, ragam peristiwa saat Perang Dunia II telah banyak menginspirasi berbagai film yang dapat ditonton dan menjadi sarana belajar sejarah. Simak rekomendasi film perang dunia terbaik berikut ini.

1. Dunkirk

Film perang dunia pertama adalah Dunkirk, sebuah film karya sutradara ternama Christopher Nolan yang dirilis pada tahun 2017 dan diambil dari peristiwa nyata yang disebut Miracle of Dunkirk atau Keajaiban Dunkirk. Sejak dirilis, Dunkirk telah memenangkan 12 penghargaan, termasuk 3 Piala Oscar.

Dunkirk berkisah tentang perjuangan 400 ribu tentara Inggris dan Prancis yang terpojok di sebuah pantai di Kota Dunkirk, Prancis pada bulan Mei-Juni 1940 ketika Perang Dunia II berlangsung. Pasukan Jerman di bawah kuasa Adolf Hitler telah mengepung Dunkirk dan satu-satunya jalan keluar adalah melalui jalur laut. Namun, Jerman memiliki pesawat yang terus menjatuhkan bom sehingga para tentara kesulitan untuk bergerak.

Jalan cerita Dunkirk dibagi menjadi tiga bagian utama yang mengikuti masing-masing tokohnya. Bagian pertama adalah perjuangan tentara Inggris melalui jalur darat dengan tokoh sentral bernama Tommy. Ia adalah tentara Inggris yang terjebak di pesisir pantai dan berusaha untuk kembali ke Inggris. Bersama dengan ratusan ribu tentara lain, Tommy harus berjuang melawan pasukan Jerman yang lebih superior.

Sementara itu, bagian kedua mengambil latar di laut. Para warga sipil Inggris diperintahkan oleh Winston Churchill untuk menyelamatkan para tentara dengan menggunakan kapal pribadi. Kemudian pada bagian ketiga, tiga pilot Inggris bertempur melawan pasukan Jerman. Namun, dua dari tiga pilot tersebut jatuh sehingga tersisa satu pilot yang kemudian mampu menembak pesawat Jerman dan mendarat di pesisir pantai Dunkirk.

Dunkirk dibintangi oleh deretan aktor unggulan seperti Tom Hardy, Cillian Murphy, dan Fionn Whitehead serta aktor pendukung lain seperti Harry Styles, Jack Lowden, dan Aneurin Barnard. Melalui film ini, penonton dapat menyaksikan keadaan saat Perang Dunia II sekaligus mempelajari sejarah.

Pesan yang dapat diambil dari film tersebut adalah semangat perjuangan tanpa henti dan sifat gotong royong yang tulus akan membawa hasil yang luar biasa. Dunkirk dapat ditonton melalui Catchplay dan Google Play.

2. Saving Private Ryan

Rekomendasi film perang dunia selanjutnya adalah Saving Private Ryan yang rilis pada 1998 dan disutradarai oleh Steven Spielberg. Dalam rentang tahun 1998 hingga 1999, Saving Private Ryan mendapatkan 27 penghargaan, termasuk lima Piala Oscar. Film ini mengambil inspirasi dari peristiwa nyata Invasi Normandia yang disebut juga Operasi Overlord.

Cerita dimulai pada 6 Juni 1944 di Normandia, bagian Selatan Prancis. Kapten John Miller (diperankan Tom Hanks) dan anak buahnya mendarat di pantai tempat pertempuran berlangsung. Tentara Amerika dibantai dan hanya dapat bertahan hidup dengan berlindung di bukit pasir. Dengan menggunakan torpedo, mereka berusaha melintasi berbagai rintangan dan memusnahkan pertahanan Jerman yang terakhir.

Halaman:
Editor: Sorta Tobing
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement