Indonesia Destinasiku, Gotong Royong Dukung Pariwisata

Indonesia Destinasiku adalah suatu gerakan nasional yang diinisiasi dan dimotori oleh sejumlah perusahaan swasta dan BUMN tertentu.
Image title
Oleh Tim Publikasi Katadata - Tim Publikasi Katadata
12 Maret 2020, 16:07
BNI
dok. BNI

Kebersamaan dan gotong royong sebagai akar budaya Indonesia telah dibuktikan dalam berbagai tantangan, termasuk dalam peristiwa Bom Bali, wabah SARS, dan krisis finansial, khususnya terhadap industri pariwisata. COVID-19 adalah tantangan nyata saat ini di industri pariwisata Indonesia dan berbagai industri yang berhubungan dengannya serta para pelaku usaha, termasuk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

Menyikapi tantangan di atas, dari sisi yang berbeda, maka Indonesia Destinasiku menjadi suatu gerakan nasional (national movement) yang diinisiasi dan dimotori oleh sejumlah perusahaan swasta dan BUMN tertentu, dalam bentuk Indonesia Incorporated. Ini merupakan kerja sama antara Plataran, BNI, BCA, Garuda Indonesia, Yayasan Puteri Indonesia, dan Mustika Ratu.

Kerja sama ini mengambil simpul-simpul kekuatan masing‐masing partisipan untuk digabung dan dikombinasikan dalam program. Fokus program ada pada differentiation program dan segmen market tertentu terhadap eksotisme Indonesia. Sehingga diharapkan akan memberi efek snow balling terhadap pelaku industri lainnya di Indonesia, untuk secara bersama menghadapi tantangan di atas, secara positif, dan optimistis. National movement juga akan menggarisbawahi bahwa pasar domestik adalah jaring pengaman Indonesia dalam menghadapi efek negatif tantangan di atas terhadap pertumbuhan perekonomian yang berkesinambungan di Indonesia. Tentu saja dengan sinergi antara pemerintah, pelaku, industri dan masyarakat.        

Indonesia Destinasiku merupakan paket liburan yang berbeda, dan memiliki diferesiansi dengan paket-paket liburan sejenis yang pernah diluncurkan sebelumnya. Sebab paket ini menitikberatkan pada "Seamless, Convenience, Added Value dan sekaligus National Movement Support pada Indonesia dalam menghadapi tantangan di atas.

Keuntungan dari Paket Indonesia Destinasiku antara lain:  

  1. Menggabungkan aspek penerbangan, akomodasi, aktivitas eksostisme, dalam satu paket dengan berbagai pilihan
  2. Proses reservasi satu pintu.
  3. Diskon signifikan atas tiket pesawat, akomodasi, paket eksotisme, dan added value benefits.
  4. Pembayaran paket cicilan 0 persen sampai dengan 12 bulan.
  5. Loyalty Program benefits.
  6. Masa booking dari Maret sampai Juni 2020 untuk     harga  diskon  tetap dan masa penggunaan yang dapat digunakan sampai dengan Februari 2021.          

Sebagai salah satu BUMN, BNI sejak awal konsisten untuk mendorong sektor pariwisata, khususnya wisata domestik untuk terus tumbuh, selaras dengan arahan Pemerintah. "Setiap tahunnya, kami terus berusaha untuk memberikan benefit bagi masyarakat Indonesia dan nasabah BNI khususnya melalui event Travel Fair seperti Garuda Indonesia Travel Fair (GATF), sejak tahun 2013 –2017, serta mengangkat program ‘Ayo Liburan’ untuk eksplor keindahan alam dan destinasi wisata lokaldi Labuhan Bajo, Raja Ampat, Belitung, Banyuwangi, Padang, dan lainnya," kata Anggoro, Wakil Direktur Utama BNI. Anggoro menambahkan dalam Program Indonesia Destinasiku BNI juga memberikan benefit bagi pemegang kartu kredit BNI dan Debit World Emerald berupa cashback hingga Rp 3 juta dan cicilan 0 persen hingga 12 bulan.

Senada, BCA juga berupaya memberikan service excellence di berbagai sektor, termasuk pariwisata, dengan menawarkan berbagai promo menarik bagi pemegang Kartu Kredit BCA. “Kami mencermati gerakan Indonesia Destinasiku sejalan dengan upaya BCA dalam meningkatkan perekonomian bangsa melalui industri pariwisata,” kata Santoso, Direktur BCA.

Keikutsertaan Garuda Indonesia melengkapi aspek transportasi airline, “Sebagai National Flag Carrier, Garuda Indonesia berkomitmen untuk senantiasa berperan aktif mendukung perkembangan sektor pariwisata nasional melalui berbagai keunggulan produk dan layanannya” tutur Ade R. Susardi, Direktur Layanan Pengembangan Usaha dan Teknologi Informasi Garuda Indonesia. Melalui program kolaborasi bersama ini, Garuda Indonesia memberikan potongan harga 40 persen untuk rute-rute penerbangan destinasi wisata unggulan.  Selain potongan harga tiket, melalui program ini Garuda Indonesia juga menghadirkan tambahan 500 miles untuk pendaftaran baru anggota Garuda Miles.

Sementara Mustika Ratu siap memberikan paket-paket dengan harga spesial, yang konsumen bisa dapatkan pada setiap pembelian paket Indonesia Destinasiku yakni “Fit and Fun”. Mustika Ratu akan memberikan Jamu experience sebagai minuman herbal dan berkhasiat asli dari Indonesia, juga paket “Protected and Refreshed” untuk perawatan tubuh dari dari kepala hingga ujung kaki. Ada juga “Royal Tea Package” yang akan memberikan sensasi meminum teh yang nikmat dan berkhasiat, yang semuanya dihadirkan dengan ramuan natural dengan Royal Heritage Recipes. Tidak ketinggalan voucher potongan khusus untuk menikmati royal-like treatment dari Taman Sari Royal Heritage Spa.

Sedangkan Plataran adalah the True Indonesian Icon. Suatu perusahaan hospitality Indonesia yang mendapat pengakuan internasional dan domestik, sebagai suatu luxury brand dan memiliki visi "For Indonesia and Indonesians". Selain itu, merupakan salah satu simpul axis penting dalam program Indonesia Destinasiku. Partisipasi masyarakat pada paket ini merupakan bentuk nyata kebersamaan kita sebagai suatu bangsa yang berdikari secara bersama dalam menghadapi berbagai tantangan di atas dan strong message pada masyarakat dunia bahwa We Are Together.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait