Indonesia Destinasiku, Gotong Royong Dukung Pariwisata

Image title
Oleh Tim Publikasi Katadata - Tim Publikasi Katadata
12 Maret 2020, 16:07
BNI
dok. BNI

Kebersamaan dan gotong royong sebagai akar budaya Indonesia telah dibuktikan dalam berbagai tantangan, termasuk dalam peristiwa Bom Bali, wabah SARS, dan krisis finansial, khususnya terhadap industri pariwisata. COVID-19 adalah tantangan nyata saat ini di industri pariwisata Indonesia dan berbagai industri yang berhubungan dengannya serta para pelaku usaha, termasuk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

Menyikapi tantangan di atas, dari sisi yang berbeda, maka Indonesia Destinasiku menjadi suatu gerakan nasional (national movement) yang diinisiasi dan dimotori oleh sejumlah perusahaan swasta dan BUMN tertentu, dalam bentuk Indonesia Incorporated. Ini merupakan kerja sama antara Plataran, BNI, BCA, Garuda Indonesia, Yayasan Puteri Indonesia, dan Mustika Ratu.

Kerja sama ini mengambil simpul-simpul kekuatan masing‐masing partisipan untuk digabung dan dikombinasikan dalam program. Fokus program ada pada differentiation program dan segmen market tertentu terhadap eksotisme Indonesia. Sehingga diharapkan akan memberi efek snow balling terhadap pelaku industri lainnya di Indonesia, untuk secara bersama menghadapi tantangan di atas, secara positif, dan optimistis. National movement juga akan menggarisbawahi bahwa pasar domestik adalah jaring pengaman Indonesia dalam menghadapi efek negatif tantangan di atas terhadap pertumbuhan perekonomian yang berkesinambungan di Indonesia. Tentu saja dengan sinergi antara pemerintah, pelaku, industri dan masyarakat.        

Indonesia Destinasiku merupakan paket liburan yang berbeda, dan memiliki diferesiansi dengan paket-paket liburan sejenis yang pernah diluncurkan sebelumnya. Sebab paket ini menitikberatkan pada "Seamless, Convenience, Added Value dan sekaligus National Movement Support pada Indonesia dalam menghadapi tantangan di atas.

Keuntungan dari Paket Indonesia Destinasiku antara lain:  

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...