START Summit Extension: Mengenal Sosok di Balik Sistem di Tokopedia

Image title
Oleh Tim Publikasi Katadata - Tim Publikasi Katadata
29 Juli 2020, 12:36
Tokopedia START Summit Extension
Katadata

Teknologi selalu menjadi jantung dari setiap inovasi Tokopedia untuk memberikan kesempatan kepada siapa saja yang ingin memulai, menemukan, dan menciptakan peluang.  Kemudahan yang diberikan oleh aplikasi Tokopedia tidak muncul begitu saja.

Ada sebuah tim yang bertanggungjawab terhadap pemeliharaan, pengoperasian, serta keamanan sistem guna memastikan dan melindungi infrastruktur dari berbagai masalah dan gangguan pada server, mereka adalah System Administrator. System Administrator merupakan sosok pahlawan yang berada di garis depan untuk memastikan kelancaran pengguna terhadap sistem Tokopedia.

Untuk mengapresiasi peran dan tanggung jawab dari para System Administrator, pada Selasa, 21 Juli 2020 lalu, Tokopedia mengajak para pegiat teknologi untuk bersama-sama merayakan SysAdmin Day lewat acara START Summit Extension.

Mengangkat tema ‘SysAdmin Day – The Fantastic Heroes of All Things Tech’, Tokopedia menghadirkan empat orang engineers Tokopedia yang membagikan cerita di balik inovasi mereka dalam mengelola infrastruktur dan bekerja dengan jaringan multi-cloud. Acara ini disaksikan lebih dari 1.000 pegiat teknologi melalui Tokopedia Play dan YouTube.

Managing Infrastructure with an SRE Mindset

Tokopedia START Summit Extension
Tokopedia START Summit Extension (Katadata)

Sesi pertama dibawakan oleh Prima Adi dan Bayu Rizky yang merupakan Senior Software Engineer- Cloud Platform Tokopedia. SRE atau Site Reliability Engineering adalah garda terdepan yang menjadi penghubung antara developer dan operation, dimana SRE akan menerapkan konsep software engineering dalam membangun sebuah infrastruktur pada setiap aplikasi demi terciptanya pondasi yang kuat.

Pada sesi ini, Prima dan Bayu menceritakan tentang bagaimana awalnya Tokopedia mengelola infrastruktur secara manual, yakni dengan masih menggunakan human intervention untuk melakukan proses permintaan new instance dan membuat pipelines, lalu melakukan testing bersama dengan tim software engineer untuk memastikan servicenya sudah terpasang dengan baik.

Di akhir pemaparan, Bayu memberikan pesan singkat untuk para pegiat teknologi  yang juga berperan sebagai sistem administrator. Menurut Bayu, untuk menggunakan automation, kita harus mencari use case yang valid sehingga dapat menentukan apakah nantinya sistem automasi ini akan sering digunakan atau tidak.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...