Jokowi: Banyak Wajah Baru di Kabinet Periode Kedua

Jokowi akan mempertahankan beberapa menteri Kabinet Kerja.
Dimas Jarot Bayu
Oleh Dimas Jarot Bayu
16 Oktober 2019, 14:20
Jokowi, kabinet Jokowi-Ma'ruf
ANTARA FOTO/Wahyu Putro A
Presiden Joko Widodo menyatakan banyak wajah baru di kabinet Jokowi-Maruf.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan akan ada banyak wajah baru di kabinet periode kedua pemerintahannya. Selain itu, Jokowi juga akan mempertahankan sejumlah menterinya saat ini.

“Yang lama ada, yang baru banyak,” kata Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (16/10).

Meski demikian, Jokowi masih enggan menyampaikan sosok-sosok baru yang akan muncul di kabinet periode kedua. Dia juga belum mau menyampaikan siapa saja menteri di kabinet periode 2014-2019 yang dipertahankan.

(Baca: Konsultasi Pelantikan Presiden, 10 Pimpinan MPR Temui Jokowi di Istana)

Jokowi pun enggan memberikan bocoran jumlah menteri lama dan baru di periode mendatang. “Belum dihitung persentasenya,” kata Jokowi.

Selain nama menteri, Jokowi mengatakan bakal ada kementerian/lembaga baru di periode keduanya nanti. Menurut Jokowi, nomenklatur untuk kementerian/lembaga baru tersebut sudah disusun.

“Ada (nomenklatur) yang baru,” kata Jokowi.

Rencananya, Jokowi bakal segera mengumumkan nama menteri dan kementerian/lembaga untuk periode kedua pemerintahannya setelah pelantikannya bersama Ma’ruf Amin pada 20 Oktober 2019.

(Baca: Luhut dan Sri Mulyani Disebut Dipertahankan Jadi Menteri Jokowi)

Beberapa nama yang disebut-sebut akan bertahan di kabinet, yakni Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.

Tenaga Ahli Kedeputian IV Kantor Staf Presiden (KSP) Ali Mochtar Ngabalin membenarkan hal tersebut. Menurut Ngabalin, keempat nama menteri tersebut berpotensi untuk dipertahankan Jokowi karena dianggap cukup berprestasi.

“Mudah-mudahan tidak ada halangan untuk mereka dipakai lagi membantu Presiden,” kata Ngabalin.

(Baca: Usai Dikunjungi Prabowo, Golkar Gamang Bila Gerindra Gabung Koalisi)

 

Editor: Yuliawati

Video Pilihan

Artikel Terkait