Sowan AHY ke Jokowi, Megawati dan Keluarga Gus Dur Menuai Apresiasi

AHY dan Ibas mendapat apresiasi atas kunjungannya ke tokoh yang lebih senior di saat masa duka meninggalnya Ani Yudhoyono.
Image title
Oleh Antara
7 Juni 2019, 10:33
AHY berkunjung ke Megawati dan Jokowi
Instagram/PuanMaharani
AHY dan Ibas saat berkunjung ke rumah kediaman Megawati, Rabu (5/6/2019).

Dua putra Presiden RI keenam Susilo Bambang Yudhoyono, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan Edhie Baskoro Yudhoyono (EBY) atau Ibas bersilaturahmi ke Presiden Joko Widodo dan keluarga dua mantan presiden yakni Megawati dan istri almarhum Gus Dur, Sinta Nuriyah Wahid. AHY dan EBY mendapat apresiasi berkunjung kepada para tokoh yang dituakan di masa duka atas meninggalnya ibu mereka, Ani Yudhoyono.

Presiden Jokowi menerima kedatangan AHY dan Ibas di di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (5/6) atau pada perayaan Idul Fitri di hari pertama. Kedua putra SBY ini didampingi masing-masing istrinya yakni Annisa Pohan dan Aliya Rajasa.

Jokowi menerima langsung kedatangan putra-putra SBY ditemani Ibu Negara Iriana dan putranya Kaesang Pangarep. Dalam kunjungannya, AHY menyampaikan permohonan maaf atas kedatangannya menjelang tengah hari karena terlebih dahulu berziarah ke makam almarhumah Ibu Ani Yudhoyono.

“Kami baru dari TMP (Taman Makam Pahlawan Kalibata), jadi mohon maaf baru sekarang ke sini,” kata AHY seperti dikutip dari situs resmi Sekretariat Kabinet.

(Baca: AHY Kisahkan Upaya Ani Yudhoyono Mengobati Sakit Kanker Selama 4 Bulan)

Usai pertemuan, AHY mengatakan bahwa kedatangan mereka adalah untuk mewakili keluarga Yudhoyono bersilaturahmi bersama dengan keluarga Jokowi. “Ini adalah silaturahmi antara dua keluarga, keluarga SBY dengan keluarga Jokowi. Ini adalah silaturahmi yang harus terus dijaga. Mudah-mudahan dengan semakin kita menjaga silaturahmi ini semakin banyak kebaikan buat kita semuanya,” tuturnya.

AHY menyatakan dalam pertemuannya, Jokowi memberi pesan untuk SBY dan keluarganya. Khusus untuk SBY, Presiden Jokowi mendoakan agar Presiden ke-6 Republik Indonesia tersebut diberikan kesehatan dan ketabahan sepeninggal almarhumah Ibu Ani Yudhoyono. “Pak Jokowi dan Ibu Iriana tadi berharap kami ini anak-anaknya dan cucu-cucunya bisa terus kumpul memberikan support kepada Pak SBY supaya bisa melalui hari-hari yang memang tidak mudah bagi kami sekeluarga,” kata dia.

(Baca: Ani Yudhoyono, 'Bunga Flamboyan' yang Mengiringi Karier SBY)

Usai mengunjungi Jokowi, AHY berkunjung ke rumah kediaman Ketua Umum PDIP Megawati di Jalan Teuku Umar, Menteng. Putri Megawati sekaligus Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani mengunggah foto bersama antara Megawati, Puan, AHY, dan Ibas.

Pada lebaran kedua, AHY dan Ibas bersilaturahmi ke kediaman istri mendiang Gus Dur, Sinta Nuriyah Wahid di Ciganjur, Jakarta Selatan, Kamis. Dalam kunjungan itu, AHY didampingi istri Annisa Pohan dan putrinya Almira, sementara EBY didampingi istri Aliya Rajasa dan putra-putri Airlangga, Pancasakti, dan Gaia.

Mereka tiba di kediaman Sinta Nuriyah Wahid pada pukul 11.00 WIB dan disambut putri Gus Dur Yenny Wahid beserta suami Dhorir Farisi serta ketiga anaknya. Dalam perbincangan hangat dan suasana akrab kedua keluarga saling bertukar kabar dan bercerita tentang rutinitas yang biasa dijalankan setiap bulan Ramadhan, sambil menyantap suguhan khas Jawa Timur.

Kepada Sinta Nur Wahid, AHY tak lupa mengucapkan salam dari SBY, sekaligus ucapan terima kasih keluarga. "Saya dan keluarga mengucapkan terima kasih sekali, Ibu Sinta sudah mengantar Almarhumah Ibu Ani sampai ke peristirahatan terakhir. Kami sekeluarga memang merasa sedih. Walaupun kami ikhlaskan, tapi kami sangat merasa kehilangan,” kata AHY, dikutip dari Antara.

Pada kesempatan yang sama, Sinta menyampaikan nasihatnya bahwa orang bertugas membantu, tetapi hanya Allah yang dapat menyembuhkan umatnya yang sakit. Silaturahmi itu berlangsung satu jam. Kunjungan diakhiri dengan foto bersama.

Yenny Wahid mengunggah foto bersama dan menyampaikan apresiasi atas kunjungan AHY dan Ibas. "Walaupun masih dalam suasana berduka, para pemimpin muda ini tetap menyempatkan diri untuk sowan dan bersilaturahmi lebaran ketokoh-tokoh yang dituakan. Semoga kita semua dapat mencontoh akhlak yang baik ini. Salam kami untuk Pepo, semoga Beliau diberi ketabahan dalam menjalani hari-hari kedepan tanpa didampingi istri tercinta," ucap Yenny dalam akun Instagram.

(Baca: Ingin Menata Hati, SBY Akan Beraktivitas di Cikeas Sepekan Ini)

Editor: Yuliawati

Video Pilihan

Artikel Terkait