Pidato Kemenangan Jokowi di Kampung Deret: Kami untuk 100% Rakyat

“Saya dan Kiai Haji Ma’ruf Amin mengucapkan terima kasih kepada seluruh rakyat Indonesia di mana pun berada,” kata Jokowi.
Michael Reily
Oleh Michael Reily
21 Mei 2019, 14:30
pidato kemenangan Jokowi-Maruf di kampung deret
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Pasangan terpilih Jokowi-Ma'ruf berada di Kampung Deret usai memberikan pidato keemangan, Tanah Tinggi, Kecamatan Johar Baru, Jakarta Pusat (21/5).

Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden Joko Widodo-Ma’ruf Amin menyampaikan pidato kemenangan setelah pengumuman rekapitulasi nasional Komisi Pemilihan Umum (KPU). Mereka juga menyatakan hasil pemilihan umum sebagai bentuk kedewasaan masyarakat Indonesia.

Jokowi mengungkapkan setelah pelantikan bulan Oktober, dia dan Amin adalah presiden dan wakil presiden seluruh rakyat Indonesia. “Kami adalah pemimpin dan pengayom 100% rakyat Indonesia,” katanya saat pidato dikelilingi oleh warga Kampung Deret, Jakarta, Selasa (21/5).

(Baca: Jokowi Menang di 21 Provinsi, Ini Daftar Hasil Pilpres Semua Provinsi)

Jokowi berjanji akan berjuang keras demi terwujudnya keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Dia juga mengajak supaya masyarakat bersatu membangun negara sehingga generasi mendatang bakal lebih damai dan sejahtera.

Pidato Kemenangan di Kampung Deret

Jokowi memilih memberikan pidato bersama warga Kelurahan Tanah Tinggi, Kecamatan Johar Baru, Jakarta Pusat. Kawasan yang dinamakan Kampung Deret itu merupakan kampung pertama yang dibenahi oleh Jokowi saat menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta.

Saat Jokowi datang, dia disambut warga masyarakat sekitar yang mengajaknya bersalaman, mengucapkan selamat dan berswafoto. Jokowi yang mengenakan kemeja putih senada dengan pakaian Ma'ruf yang mengenakan pakaian putih dengan peci hitam.

Jokowi-Maruf Amin saat pidato kemenangan di Kampung Deret, Selasa (21/5).
Jokowi-Maruf Amin saat pidato kemenangan di Kampung Deret, Selasa (21/5). (Katadata/Michael Reily)

 


Di kampung Deret itu, Jokowi juga mengapresiasi kinerja KPU dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), serta tokoh masyarakat dan para peserta Pemilu. Tak lupa juga Jokowi menyebutkan upaya para saksi di daerah yang bekerja siang dan malam untuk mewujudkan Pemilu yang adil dan jujur.

Menurutnya, seluruh rakyat harus berbangga karena telah melakukan pesta demokrasi yang dewasa. “Kita bersyukur, kita telah dewasa dalam menjaga perdamaian, dewasa dalam mengelola perbedaan, dan dewasa dalam menjaga dan memperkokoh persatuan,” kata Jokowi.

Dia mengucapkan terima kasih telah mendapatkan kepercayaan untuk mewujudkan pembangunan yang adil dan merata. “Saya dan Kiai Haji Ma’ruf Amin mengucapkan terima kasih kepada seluruh rakyat Indonesia di mana pun berada,” kata Jokowi.

(Baca: Anggap Janggal, Prabowo Tolak Hasil Rekapitulasi Pemilu 2019)

 

Editor: Yuliawati

Video Pilihan

Artikel Terkait