Diduga Suap Auditor BPK, Karyawan Jasa Marga Dipecat

Karyawan Jasa Marga diduga memberi suap berupa satu unit motor Harley Davidson kepada auditor BPK ketika proses pemeriksaan laporan keuangan perusahaan.
Dimas Jarot Bayu
Oleh Dimas Jarot Bayu
22 September 2017, 07:05
Jasa Marga
Arief Kamaludin|KATADATA
Karyawan Jasa Marga dipecat karena diduga memberi suap berupa satu unit motor Harley Davidson kepada auditor BPK.

Seorang karyawan PT Jasa Marga (Persero) Tbk diduga memberi suap berupa satu unit motor Harley Davidson kepada auditor Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). Auditor  BPK berinisial SY ini kini menjalani tahanan di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

AVP Corporate Communication PT Jasa Marga Dwimawan Heru mengatakan karyawan yang diduga memberikan suap dalam pengurusan laporan keuangan BUMN itu diberhentikan sejak Selasa (12/9). Pemecatan disebut sebagai langkah mendukung dan menghormati proses hukum yang dilakukan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam kasus tersebut.

"Jasa Marga tgl 12 September 2017 telah memberhentikan sementara satu orang karyawan dari jabatannya," kata Dwimawan dalam keterangan tertulisnya, Kamis (21/9). 

Dwimawan menuturkan, pemberhentian sementara karyawannya dilakukan setelah Jasa Marga bersama BPK melakukan pemeriksaan internal, seperti menyelidiki dugaan pelanggaran kode etik yang dilakukan SY.

"Beberapa waktu belakangan, Jasa Marga atas permintaan Inspektur Utama Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) telah bekerjasama dengan BPK secara internal," kata Dwimawan.

(Baca juga: Godaan Suap Auditor Negara

Dwimawan mengklaim Jasa Marga selalu mengedepankan prinsip Good Corporate Governance dalam melakukan proses bisnisnya. "Dan tidak melakukan hal-hal yang bertentangan dengan hukum," lanjut dia.

Kasus ini merupakan hasil penyidikan baru yang dilakukan KPK. Rencananya, KPK baru akan mengumumkan penetapan tersangka atas kasus suap tersebut pada Jumat (22/9) siang.

Rencananya, KPK akan menyampaikan informasi tersebut bersama BPK. Dalam kasus tersebut, BPK telah berperan aktif dalam mengadakan pemeriksaan internal.

"Terkait dengan penyidikan baru yang dilakukan KPK dalam kasus indikasi suap terhadap salah seorang auditor, konferensi pers akan dilakukan besok siang sekitar Pk.14.00 WIB di kantor KPK," kata juru bicara KPK Febri Diansyah.

Editor: Yuliawati

Video Pilihan

Artikel Terkait