Hadiri KTT ke-37 ASEAN, Jokowi Bahas Produksi Vaksin Covid-19

Rizky Alika
12 November 2020, 12:41
jokowi, virus corona, vaksin corona
ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/Pool/aww.
Presiden Joko Widodo mengenakan masker saat memimpin upacara pelantikan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) di Istana Negara, Jakarta, Rabu (6/5/2020). Presiden secara resmi melantik Irjen Pol Boy Rafli Amar sebagai Kepala BNPT menggantikan Komjen Pol Suhardi Alius.

Presiden Joko Widodo menghadiri rangkaian Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-37 ASEAN secara virtual melalui konferensi video dari Istana Kepresidenan Bogor. Dalam pertemuan tersebut, Indonesia akan membahas produksi vaksin Covid-19 dengan negara-negara Asia Tenggara.

Rangkaian KTT yang dilaksanakan pada hari ini utamanya untuk membahas langkah bersama dalam mencegah dampak pandemi bagi ASEAN dengan menekankan prioritas kerja sama pada 2021.

"Khususnya terkait keberadaan dan produksi vaksin bagi kawasan," demikian tertulis seperti dikutip dari keterangan pers Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden, Kamis (12/11).

 Selain itu, pertemuan tersebut juga akan membahas prioritas pengembangan ekonomi di kawasan dengan mitra untuk menangani dampak ekonomi dan sosial akibat Covid-19. Selanjutnya, Jokowi akan mengusulkan inisiatif ASEAN Travel Corridor Arrangement (TCA) untuk memulihkan kegiatan ekonomi.

Sebagaimana diketahui, TCA bertujuan untuk memudahkan perjalanan untuk kegiatan bisnis, ketenagakerjaan, ekonomi, diplomatik dan dinas. Hal ini akan bergantung pada kesepakatan Indonesia dengan negara mitra.

TCA diharapkan dapat mempermudah akses perjalanan bagi para pebisnis di negara ASEAN dalam situasi kenormalan baru dengan memperhatikan protokol kesehatan.

Mengutip siaran pers Kementerian Luar Negeri, rangkaian KTT ASEAN berjumlah 17 sesi pertemuan ini dihadiri oleh 10 kepala negara/pemerintahan ASEAN dan 8 kepala negara/pemerintahan negara di luar kawasan. Pada KTT kali ini, Vietnam bertindak selaku tuan rumah.

Pada hari ini, Jokowi mengikuti lima KTT melalui konferensi video, antara lain KTT Pleno ke-37 ASEAN, KTT ke-23 ASEAN dengan RRT, KTT ke-21 ASEAN dengan Korea Selatan, KTT ke-23 ASEAN dengan Jepang, serta KTT ke-17 ASEAN dengan India.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...