Jokowi Tunjuk Mendagri Tito Karnavian Jadi Menpan RB Ad Interim

Image title
5 Juli 2022, 11:15
tito karnavian, tjahjo lumpolo, menpan rb
ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/tom.
Menteri Dalam Negeri Muhammad Tito Karnavian menyampaikan pendapatnya selaku pemerintah saat Rapat Kerja Tingkat I dengan Komisi II DPR terkait laporan Panja 5 RUU tentang Provinsi di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (21/6/2022).

Presiden Joko Widodo menunjuk Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian untuk menjadi Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) ad interim.

Penunjukkan Tito sebagai Menteri PANRB ad interim tertuang di dalam surat yang diterbitkan Kementerian Sekretaris Negara (Kemensesneg) nomor B-596/M/D-3/AN.00.03/07/2022 yang diteken oleh Menteri Sekretaris Negara, Pratikno. Tito menjadi Mentri PANRB ad interim sejak Senin (4/7) hingga Jumat (15/7).

“Penunjukan ini dilakukan setelah Menteri PANRB Tjahjo Kumolo tutup usia pada Jumat, 1 Juli 2022,” kata Sekretaris Kementerian PANRB, Rini Widyantini dalam Siaran Pers pada Selasa (5/7).

Sebelum Tito, Jokowi telah menunjuk Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan (Menpolhukam), Mahfud MD untuk menjadi Menteri PANRB ad interim sejak Rabu (20/6). Penunjukan Mahfud dimaksudkan untuk menjalankan tugas selama Tjahjo dirawat di rumah sakit.

Sedangkan Politikus PDIP, Masinton Pasaribu mengatakan bahwa Ketua Umum Megawati Soekarnoputri sudah mengantongi nama tokoh yang akan direkomendasikan. Banyaknya kader mumpuni menjadi sebab mudahnya Megawati memberikan rekomendasi.

“Pastilah (sudah ada namanya). Orang kadernya banyak dalam konteks mumpuni,” ujarnya saat ditemui di Kompleks Parlemen pada Senin (4/7).

Halaman:
Reporter: Ashri Fadilla
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...