Pertamina Buka Peluang Perpanjang Kontrak LNG dengan Jepang

Anggita Rezki Amelia
2 Januari 2019, 14:38
Kilang Minyak
KATADATA

PT Pertamina (Persero) membuka peluang memperpanjang kontrak penjualan gas alam cair (Liquified Natural Gas/LNG) ke Jepang khususnya yang diproduksi dari Kilang LNG Badak, Bontang, Kalimantan Timur. Ini dikarenakan kontrak dengan Jepang akan segera berakhir pada 2020.

Senior Vice President Gas & LNG Management Pertamina Tanudji Darmasakti mengatakan perpanjangan bisa diberikan  jika masih ada kargo yang bisa diproduksi dengan harga yang menarik. Namun perpanjangan tersebut, menurutnya masih memerlukan restu dari pemerintah. "Lebih baik diperpanjang untuk secure produksi gas dan processing LNG," kata Tanudji kepada Katadata.co.id, Senin (31/12/2018).

(Baca: PT Badak Berencana Nonaktifkan Dua Unit Pengolahan LNG)

Selain itu, sebelum memperpanjang kontrak dengan Jepang, pihaknya juga akan memprioritaskan agar kebutuhan dalam negeri terpenuhi, seperti untuk kebutuhan PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) dan kilang Pertamina.

Adapun pada kontrak dengan Jepang akan berakhir 2020 tersebut, salah satunya berisi komitmen penjualan gas milik Pertamina kepada Jepang  sebanyak 34 kargo per tahunnya.

Di tempat terpisah, Direktur Jenderal Migas Kementerian ESDM Djoko Siswanto mengatakan  kontrak tersebut bisa saja diperpanjang asalkan kebutuhan dalam negeri sudah terpenuhi. Meski demikian, permintaan Pertamina untuk memperpanjang kontrak LNG itu masih akan dibahas lebih lanjut di  tingkat pemerintah. "Kita lihat, kan dia (Pertamina) baru akan perpanjang," kata dia Senin (31/12).

Halaman:
Reporter: Anggita Rezki Amelia
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...