Selain Gaun Tradisional Tiongkok, Ini Alternatif Pilihan Fesyen Imlek

Penulis: Dini Hariyanti

28/1/2019, 13.00 WIB

Busana yang dikenakan saat Imlek biasanya merah. Bagi masyarakat Tionghoa, warna ini melambangkan harapan atas keberuntungan yang lebih baik.

Trade Expo Indonesia 2018
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Seorang wanita sedang membentang kain batik dalam acara Trade Expo Indonesia 2018. TEI merupakan ajang promosi tahunan berskala internasional yang menampilkan produk dan jasa Indonesia berorientasi pasar ekspor.

Imlek merupakan peringatan rutin yang dirayakan komunitas Tionghoa setiap tahun. Jelang momen ini, masyarakat biasanya menyiapkan gaya fesyen, sajian kuliner, hingga dekorasi khas yang kerap identik dengan warna merah.

Sejumlah situs perdagangan elektronik (e-commerce) juga mewarnai laman utamanya dengan info pilihan busana khusus menyambut Tahun Baru Cina. Tokopedia dan Zalora, misalnya, melansir tip padu padan busana serta penawaran khusus jelang Imlek.

(Baca juga: Komposisi Warna Tak Lagi Jadi Pakem Padu Padan Busana Kontras

Zalora menyatakan bahwa busana yang dikenakan saat Imlek biasanya bernuansa merah. Bagi masyarakat Tionghoa, warna ini melambangkan harapan atas keberuntungan yang lebih baik pada tahun baru.

"Selain berwarna merah, busana gaya tradisional Cina bercorak batik juga mendominasi penawaran (dari berbagai merek). Busana tradisional Cina (cheongsam) dipadukan dengan gaya modern juga digemari karena trendi," mengutip Zalora.co.id, Senin (28/1).

Menukil Tokopedia.com, terdapat tujuh pilihan gaya busana yang bisa dikenakan saat momen Imlek. Berikut ini ulasannya. (Baca juga: Desainer Fesyen Lokal Tak Khawatir Kalah Saing terhadap Produk Asing

1. Fashion klasik dengan Cheongsam

Cheongsam dinilai sebagai busana paling khas untuk menghidupkan kesan Imlek. Pakaian tradisional Tiongkok ini mungkin tidak nyaman dikenakan. Tapi sekarang bertebaran pilihan cheongsam modern yang modelnya dimodifikasi sehingga lebih nyaman dan mempermudah aktivitas.

2. Tampil kasual mengkombinasikan busana merah

Alternatif lain untuk fesyen khas Tahun Baru Cina adalah busana bergaya apapun dengan dominasi warna merah. Jaket, gaun modern, dan kemeja bisa dipilih selama mengusung warna tersebut.

3. Batik dengan mode tradisional Tiongkok

Guna mendapatkan kesan lebih formal maka batik dengan potongan dan gaya oriental bisa menjadi opsi. Sebaiknya pilih warna batik yang senada dengan kekhasan Imlek, baik didominasi merah maupun yang lain tetap dengan sentuhan warna ini.

(Baca juga: Bagaimana Batik Iwan Tirta Tetap Eksis Sepeninggal Sang Maestro?

4. Mengikuti tren fesyen bernuansa warna pastel

Salah satu fesyen wanita yang terus digandrungi adalah penggunaan warna-warna pastel. Padu padan busana Imlek juga bisa mengadopsi tren ini. Kombinasinya dapat disesuaikan dengan selera berbusana personal.

(Baca juga: E-Commerce Fesyen Sale Stock Ganti Nama Jadi Sorabel

5. Kombinasi layering

Tahun Baru Imlek identik dengan musim hujan. Oleh karena itu, mode busana yang dipilih bisa mengusung konsep layering supaya penampilan tetap hangat. Misalnya, pakaian kasual dilapis cardigan maupun blazer.

6. Denim

Mode ini kerap menjadi rekomendasi sejumlah tip fesyen di laman dalam maupun luar negeri. Pada Imlek tahun ini juga bisa mengenakan denim on denim, mulai dari jaket denim saja sampai dengan keseluruhan atas ke bawah berbahan ini.

(Baca juga: Tips Bikin Jeans Awet Ala Penata Busana Erick Tjong)

7. Fashionable dengan fanny pack

Nah, terkait aksesoris bisa memilih fanny pack alias tas pinggang yang belakangan sedang naik daun. Selain bentuk desain tas, perhatikan pula keselarasan warna dengan keseluruhan busana yang dikenakan.

(Baca juga: Kreskros, Produk Fesyen Bergaya dari Sampah Plastik Kresek

Imlek dirayakan setiap hari pertama pada bulan pertama dalam penanggalan Tiongkok, berakhir pada hari ke-15 atau disebut dengan Cap Go Meh. Perayaan ini diperkirakan berlangsung sejak Dinasti Song. Pada saat itu, tahun baru ini selalu bertepatan dengan tutup buku para petani. Banyak dari mereka menerima gaji lalu membeli baju baru.

 

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha

VIDEO PILIHAN