Marak Dikecam, Uni Eropa Rilis Pembelaan soal Aturan Biodiesel Sawit

Image title
Oleh Ekarina
22 Maret 2019, 02:13
Kelapa sawit
Arief Kamaludin|KATADATA
Petani memanen buah kelapa sawit di salah satu perkebunan kelapa sawit di Desa Delima Jaya di Kecamatan Kerinci, Kabupaten Siak, Riau.

Pemerintah Indonesia bereaksi keras atas dikeluarkannya komoditas minyak kelapa sawit sebagai bahan baku biofuel berdasarkan Arahan Energi Terbarukan (Renewable Energy Directive/ REDII) yang dituangkan dalam regulasi turunan (delegated act) . Uni Eropa pun merilis pembelaannya soal larangan tersebut.

Dalam keterangannya, Duta Besar Uni Eropa untuk Indonesia, Vincent Guerend mengatakan Uni Eropa berencana memastikan keberlanjutan program bioenergi. Selain itu, pihaknya juga berkomitmen memenuhi target energi dan iklim pada 2020 dan 2030 dengan pemanfaatan sumber energi yang aman, terjangkau dan berkelanjutan.

Sebagai bagian dari kerangka kebijakan komprehensif, Uni Eropa menargetkan penggunaan energi terbarukan pada 2030 minimal mencapai 32%. Target tersebut telah disetujui oleh Parlemen Eropa dan Negara-negara Anggota Uni Eropa pada Juni 2018 melalui REDII.

Dalam REDII juga disebutkan bahwa mulai Januari 2024, akan ada pengurangan bertahap penggunaan biofuel dari jenis bahan baku tertentu. Untuk mengimplementasikan arahan ini, Komisi Eropa bahkan telah meloloskan regulasi turunan (delegated act ) pada 13 Maret.

Dalam kurun waktu dua bulan masa pengkajian, lembaga ini memiliki hak untuk menyatakan keberatan. Bila tidak ada keberatan, maka setelah kurun waktu tersebut, aturan ini akan disahkan atau diterbitkan dalam Jurnal Resmi Uni Eropa (Official Journal of the European Union).

(Baca: Uni Eropa Diskriminasi Sawit, Pemerintah Kaji Ulang Perjanjian IE-CEPA)

Vincent mengatakan, biofuel merupakan elemen penting dari kebijakan energi terbarukan Uni Eropa. Namun, harus ada aturan yang memastikan bahan baku (feedstock) biofuel merupakan bahan berkelanjutan dan tidak menyebabkan deforestasi melalui perubahan pengunaan lahan tidak langsung (indirect land use change/ ILUC).

Karenanya, arahan energi terbarukan akan menentukan pendekatan baru guna memastikan bahwa tanaman yang digunakan untuk memproduksi biofuel tidak berkaitan dengan deforestasi.

Terkait kebijakan tersebut, dia pun berdalih tidak ada biofuel atau bahan baku tertentu yang menjadi target pelarangan. "Semua minyak nabati diperlakukan setara dan minyak sawit tidak diperlakukan sebagai bahan bakar nabati yang buruk," ujarnya dalam keterangan resmi, Kamis (21/3).

Namun, dari data yang diterima pihaknya menunjukkan, bahwa terdapat kaitan antara kelapa sawit dan tingkat deforestasi tinggi periode 2008-2015. Yang mana, 45% dari ekspansi kelapa sawit terjadi di daerah dengan cadangan karbon tinggi. "Ini bahkan tidak sebanding dengan bahan baku lainnya," tulisnya.

Memang di sisi lain, produktivitas kelapa sawit diakuinya lebih tinggi dibandingkan tanaman lain. Namun, faktor yang digunakan dalam rumus penentuan ILUC dihitung berdasarkan pada kadar energi dari produk yang diperdagangkan dari berbagai tanaman tahunan seperti kedelai, rapeseed dan bunga matahari dibandingkan dengan kelapa sawit.

(Baca: Uni Eropa Tunggu Gugatan Diskriminasi Sawit RI di WTO)

Komisi Eropa akan mengkaji ulang data dan jika perlu metodologinya pada 2021 dan akan melakukan revisi Delegated Act tersebut pada 2023. Pada saat itu, segala upaya yang sudah dilakukan Indonesia, seperti perubahan sertifikasi ISPO, kebijakan moratorium, kebijakan satu peta, atau rencana aksi nasional yang baru-baru ini diterbitkan akan dipertimbangkan.

"Penting juga diingat bahwa pasar Uni Eropa yang terdiri 28 negara anggota sepenuhnya terbuka bagi minyak sawit. Tidak ada sama sekali larangan terhadap minyak sawit," ujarnya.

Uni Eropa merupakan pasar kedua untuk sawit Indonesia, di bawah India dan di atas Tiongkok. Sebagian besar minyak sawit Indonesia memasuki Uni Eropa dengan tarif nol atau tarif yang sangat rendah (22% tanpa bea masuk dan 55% di bawah bea 5,1%). Kondisi ini sekaligus menegaskan bahwa pasar ekspor lainnya tidak sebaik Uni Eropa.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...