Listrik Separuh Jawa Padam 2 Hari, Plt Dirut PLN: Penyebabnya Kompleks

Image title
6 Agustus 2019, 19:16
Listrik
Katadata | Arief Kamaludin

Perusahaan Listrik Negara (PLN) memperkirakan, listrik mati di sebagian Pulau Jawa pada 4-5 Agustus kemarin disebabkan oleh beberapa masalah. Alasannya, sistem kelistrikan di Jawa-Bali sangat kompleks.

Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Utama PLN Sripeni Inten Cahyani menyebutkan, Jawa-Bali memiliki 250 pembangkit dan 500 Gardu Induk (GI). Selain itu, terdapat 5 ribu kilometer sirkit (kms) dengan kapasitas 500 kilovolt (kV) dan 7 ribu kms transmisi berkapasitas 150 kV di wilayah ini.

Advertisement

"Perlu dipahami bahwa sistem (kelistrikan) Jawa-Bali itu sangat kompleks. Jadi, persoalan pemadaman listrik kemarin bukan penyebab tunggal," katanya saat rapat dengan Komisi VII Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) di Gedung MPR/DPR, Selasa (6/8).

Karena itu, ia meminta agar diberi waktu untuk melakukan investigasi secara menyeluruh terkait pemadaman listrik selama dua hari kemarin. Namun, ia sendiri belum bisa memastikan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk pengusutan.

(Baca: PLN Potong Gaji Karyawan untuk Bayar Kompensasi Listrik Mati 2 Hari)

Sripeni ingin melakukan penyelidikan secara menyeluruh, supaya hasilnya bisa digunakan untuk memperbaiki sistem kelistrikan ke depan. Investigasi itu juga akan melibatkan para pakar di bidang ketenagalistrikan.

Halaman:
Reporter: Fariha Sulmaihati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement