Kepala SKK Migas Dorong Penguatan Pertamina Dari Sisi Hulu

Image title
15 Oktober 2019, 13:33
Blok Migas Pertamina Hulu Energi
Pertamina Hulu Energi

Kepala Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) Dwi Soetjipto menyatakan pihaknya akan memperkuat Pertamina sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dari sisi bisnis Hulu Migas. Sebab, kontribusi laba Pertamina sekitar 80% dihasilkan dari bisnis hulu.

Dia pun menambahkan, bisnis hilir menyumbang 70-80% terhadap pendatan, sedangkan laba hanya menyumbang sekitar 10-20%. "Maka dari itu, untuk mendorong Pertamina, hulunya yang harus diperkuat," kata Dwi saat ditemui di Gedung Kementerian ESDM Senin (14/10).

Tak hanya itu, dukungan juga harus diberikan kepada Pertamina dalam mengelola blok terminasi. Sebab, penugasan pengelolaan blok terssebut sebetulnya dimaksudkan untuk mendorong profit perseroan, bukan justru untuk  membebani Pertamina. 

(Baca: SKK Migas Sebut Ada Potensi 7,5 Miliar Barel Minyak Siap Dieksplorasi)

Meskipun dia mengakui, dalam mengelola blok terminasi Pertamina juga harus menggelontorkan dana yang tidak sedikit. Namun hal itu sebanding dengan perolehan laba yang bisa didapat Pertamina.

Dwi juga menyatakan, dengan kondisi saat ini Pertamina masih perlu didorong  meningkatkan investasi, terutama untuk kegiatan di sektor hulu. "Tidak masalah, terkait dengan jumlahnya, Pertamina dengan strateginya dapat mengaturnya," ujar mantan Direktur Utama Semen Indonesia tersebut.

Selain itu, dia pun menyatakan tidak menutup kemungkinan jika nantinya Pertamina akan menggandeng mitra dalam mengembangkan blok blok yang baru saja didapatkan.

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...