BPH Migas Catat Penyelewengan BBM Bersubsidi Capai 327 Ribu Liter

Muhamad Fajar Riyandanu
25 April 2022, 17:16
bbm bersubsidi, bph migas
ANTARA FOTO/Bayu Pratama S/rwa.
Petugas memasukkan data konsumen yang menggunakan kartu kendali saat mengisi Bahan Bakar Minyak (BBM) solar subsidi di SPBU 64.761.10 Jalan Soekarno Hatta Km 14, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, Senin (18/4/2022).

BPH Migas melaporkan dugaan penyalahgunaan BBM bersubsidi pada kuartal I 2022 mencapai 327 ribu liter. Selain itu, BPH Migas juga menemukan praktik pengoplosan solar bersubsidi di Muara Enim, Sumatera Selatan sebanyak 100 ton.

Kepala BPH Migas Erika Retnowati menyebutkan praktik penyelewenagan BBM bersubsidi juga terjadi di Tasikmalaya, Jawa Barat dengan modus penimbunan solar bersubsidi sebanyak 22 ton. Erika menduga, penyalah gunaan tersebut terjadi karena adanya disparitas harga yang tinggi antara BBM bersubsidi dengan BBM non subsidi.

“Karena ada disparistas harga cukup tinggi dan cukup marak terjadi penyelewengan di lapangan. Di Sulawesi Utara itu ada yang modifikasi tangki kendaraaan untuk mengisi BBM untuk dijual kembali,” kata Erika dalam Energy Corner pada Senin (25/4).

Guna menutup celah bagi penyelewengan tersebut, BPH Migas memperketat pengawasan di tiap-tiap SPBU. Mereka berkoodinasi dengan kepolisian dan TNI serta pemerintah daerah (Pemda) setempat.

Erika menyebut jika ada pihak SPBU yang berperan dalam penyelewangan BBM bersubsidi, pihaknya tak segan untuk menjatuhkan sanksi berupa pencabutan izin SPBU.

“Tentu kami tidak bayar subsidinya, dan kami lapokan ke polisi. Pasal 55 di UU Cipta Kerja menyebutkan apabila seorang menyalahgunakan pengangkutan BBM ataupun perniagaan BBM, maka akan dikenakan sanksi denda Rp 60 miliar dan pidana 6 tahun,” sambung Erika.

Ia juga meminta dukungan masyarakat agar ikut memonitor distribusi BBM bersubsidi. Jika menemukan hal-hal yang tidak benar, ujar Erika, masyarakat bisa langsung menghubungi nomor aduan di 0812 3000 0136.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...