Hadapi Krisis Energi, Inggris Genjot Lagi Eksplorasi Migas Laut Utara

Happy Fajrian
8 September 2022, 13:43
eksplorasi migas, migas, inggris, laut utara, krisis energi
Pertamina Hulu Energi
Ilustrasi pengeboran migas lepas pantai.

Pemerintah Inggris diperkirakan akan mengeluarkan izin baru untuk eksplorasi minyak dan gas (migas) Laut Utara dalam upaya untuk meningkatkan produksi dalam negeri. Menurut dua sumber yang akrab dengan diskusi pemerintah izin tersebut akan diumumkan hari ini, Kamis (8/9).

Salah satu sumber tersebut mengatakan bahwa jumlah pasti dari lisensi baru masih harus dikonfirmasi lebih lanjut. Namun sumber lainnya mengatakan bahwa jumlah izin yang dikeluarkan bisa mencapai 130 izin.

Perdana Menteri Liz Truss, yang dilantik pada Selasa (6/9), hari ini dijadwalkan ke parlemen terkait rencananya untuk mengatasi tingginya harga energi. Selama masa kampanye dia berulang kali mengatakan meningkatkan pasokan energi domestik akan menjadi fokusnya dalam upaya menurunkan harga energi.

Meski demikian pemberian izin eksplorasi migas baru tidak akan menjadi solusi jangka pendek untuk meringankan tagihan energi warga Inggris.

Sebab, butuh waktu 5 sampai 10 tahun dari eksplorasi awal sampai minyak dan gas diproduksi dari lapangan. Adapun terakhir kali Inggris menerbitkan izin eksplorasi lepas pantai adalah pada 2020.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...