Freeport: Penundaan Larangan Ekspor Tembaga Sangat Dibutuhkan

Muhamad Fajar Riyandanu
2 Mei 2023, 15:05
tembaga, ekspor tembaga, freeport, amman mineral, smelter
Wahyu Dwi Jayanti | KATADATA
Suasana pabrik pemurni tembaga PT Smelting, Gresik, Jawa Timur, Kamis (20/6/2019)

PT Freeport Indonesia dan PT Amman Mineral Nusa Tenggara menilai positif langkah pemerintah yang berencana untuk memperpanjang izin ekspor konsentrat tembaga hingga Mei 2024. Meski begitu, mereka mengaku belum menerima konfirmasi resmi dari Pemerintah perihal relaksasi izin ekspor konsentrat tembaga tersebut.

Juru Bicara Freeport Indonesia, Katri Krisnati, mengatakan rencana perpanjangan izin ekspor konsentrat tembaga secara teknis sangat dibutuhkan. Menurutnya hal tersebut berdampak signifkan terhadap keberlanjutan investasi bagi ekonomi Indonesia, khususnya di wilayah Papua.

"Kami belum menerima konfirmasi resmi dari pemerintah perihal izin ekspor konsentrat tembaga. Jika keputusan tersebut diberikan, kami sangat mengapresiasi dukungan Pemerintah," kata Katri kepada Katadata.co.id melalui pesan singkat pada Selasa (2/5).

Freeport telah menggenggam rekomendasi ekspor konsentrat tembaga sebanyak 2,3 juta ton dari Kementerian ESDM hingga Juni 2023. Keputusan itu merupakan timbal balik atas capaian pembangunan fasilitas pengolahan atau smelter tembaga baru milik Freeport yang mencapai 54,5% sampai akhir Januari 2023.

Torehan pembangunan smelter yang didirikan di kawasan industri Java Integrated Industrial and Port Estate (JIIPE) Gresik tersebut lebih baik dari target yang ditetapkan sebesar 52,9%.

Penilaian serupa juga disuarakan oleh Amman Mineral. Mereka mengapresiasi keputusan Presiden Joko Widodo untuk memberikan relaksasi kepada perusahaan sebagai satu dari dua produsen tembaga untuk tetap bisa mengekspor tembaga selepas Juni 2023.

Presiden Direktur Amman Mineral, Rachmat Makkasau, mengatakan perusahaan bakal fokus pada percepatan pembangunan smelter tembaga di Kabupaten Sumbawa Barat.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...