Langka di Sejumlah Daerah, Pertamina Tambah 700.000 Tabung LPG 3 kg

Happy Fajrian
28 Juli 2023, 08:48
lpg, elpiji, gas elpiji, pertamina, lpg 3 kg
ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/hp.
Pekerja memindahkan tabung LPG 3 kilogram di salah satu agen LPG kawasan Duren Tiga, Jakarta, Rabu (21/6/2023).

PT Pertamina Patra Niaga menyiapkan penambahan stok LPG 3 kilogram (kg) hingga 700 ribu tabung seiring terjadinya kelangkaan di sejumlah wilayah di Indonesia lantaran konsumsi yang meningkat.

Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga Irto Ginting mengatakan dari pemetaan yang sudah dilakukan, Pertamina setidaknya sudah melakukan penambahan stok dan operasi pasar LPG subsidi 3 kg di beberapa wilayah seperti Medan, Bangka Belitung, Bengkulu, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, dan seluruh Sulawesi.

Pertamina Patra Niaga mencatat terjadi peningkatan konsumsi LPG 3 kg di bulan Juli 2023 sekitar 2% dibandingkan periode bulan sebelumnya.

Peningkatan konsumsi di atas rata-rata ini terjadi sejak beberapa kali perayaan hari besar dan libur panjang, sehingga penyaluran LPG subsidi per Juli sudah mendekati 2% lebih besar dibandingkan kuota. Irto mengatakan bahwa saat ini sudah dilakukan gerak cepat agar kondisi tersebut cepat teratasi.

“Pertama, kami berkoordinasi dengan Pemerintah Daerah memetakan wilayah yang berpotensi kebutuhan LPG Subsidi 3 Kg-nya meningkat, sehingga bisa segera dilakukan penambahan stok dan mempercepat distribusi atau melakukan operasi pasar,” ujarnya.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...