ESDM Kaji Tambah Insentif Konversi Motor Listrik Jadi Rp 10 Juta

Muhamad Fajar Riyandanu
21 Agustus 2023, 14:47
motor listrik
ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/nym.
Penjual melayani calon pembeli motor listrik di Selis Center, Jakarta, Senin (20/3/2023).

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) membuka peluang untuk menaikkan nilai insentif konversi motor bahan bakar minyak (BBM) ke motor listrik menjadi Rp 10 juta per unit. Angka tersebut naik 43% dari besaran penyaluran insentif yang berlaku saat ini, Rp 7 juta per unit.

Rencana tersebut mengemuka seiring adanya wacana pemerintah yang ingin menaikan insentif pembelian motor listrik baru dari yang sebelumnya Rp 7 juta menjadi Rp 10 juta. Program itu bertujuan untuk mendorong penggunaan kendaraan listrik guna mengurangi polusi udara di Jakarta yang sedang memburuk.

Staf Khusus Menteri ESDM Bidang Percepatan Pengembangan Industri Sektor ESDM, Agus Tjahajana, mengatakan rencana untuk menaikan jatah stimulus untuk konversi motor listrik sudah dibicarakan di tahap Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi.

"Kami harapkan kebijakan itu juga menyasar pada konversi, karena masih ada selisih dari biaya, sehingga masyarakat bisa lebih tertarik," kata Agus di Kantor Kementerian ESDM pada Senin (21/8).

Dia menganggap realisasi penambahan insentif akan meningkatkan minat masyakarat untuk mengonversi motor BBM menjadi motor listrik. Kebijakan ini juga dipercaya dapat mengerek angka penjualan motor listrik baru.

"Karena melihat animo masyarakat yang belum maksimal, maka tentu kebijakan untuk menaikan porsi insentif merupakan suatu kajian positif," ujar Agus.

Kementerian ESDM melaporkan pengajuan program konversi motor BBM menjadi motor listrik bersubsidi Rp 7 juta per unit baru mencapai 4.578 pemohon hingga Kamis (27/7). Angka tersebut baru mencapai 9,1% dari target akhir tahun sebanyak 50.000 unit sejak program ini bergulir pada Maret lalu.

Mayoritas pengajuan program konversi motor listrik berasal dari Pulau Jawa dengan persentase mencapai 94%. Dari ribuan pengajuan tersebut, baru 11 yang sudah masuk dalam tahap proses permohonan konversi.

Dari 11 motor tersebut, terdapat lima sepeda motor yang sedang diajukan untuk pengujian tipe tarif sertifikasi registrasi uji tipe (SRUT) dan sertifikasi uji tipe (SUT).

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Editor: Lavinda
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...