Investasi Migas RI Kian Menarik Berkat Temuan Gas Jumbo di Geng North

Mela Syaharani
18 Oktober 2023, 16:48
cadangan gas, skk migas, investasi migas
bp

SKK Migas menyebut temuan gas di Geng North oleh raksasa migas Italia, ENI dapat membuat investasi migas di Indonesia lebih menarik. Hal ini lantaran naiknya rating investor attractiveness hulu migas pada kuartal I 2023 yang mencapai angka 5,4 dibandingkan 5,27 sebelum temuan ENI.

“Akan meningkat lagi dan tentu saja akan mengerek peringkat Indonesia yang masih berada di peringkat 9 di Asia Pasifik,” kata Deputi Eksplorasi, Pengembangan dan Manajemen Wilayah Kerja SKK Migas Benny Lubiantara berdasarkan keterangan resminya pada Rabu (18/10).

Selain mengerek rating investor attractiveness, dalam keterangan resminya SKK Migas menyebutkan bahwa penemuan cadangan migas di Geng North juga tercatat sebagai penemuan terbesar ke-3 di dunia di tahun 2023. Besarnya temuan ini membuat Benny optimis kedepannya investasi eksplorasi akan semakin masif dan agresif.

“Terkait penemuan Geng North, Wood Mackenzie pada publikasi di bulan Oktober 2023 telah menempatkan kembali Indonesia sebagai negara dengan potensi eksplorasi yang menjanjikan,” terangnya.

SKK Migas berusaha mendorong ENI untuk sesegera mungkin memulai produksi dari temuan di Geng North, termasuk dengan percepatan rancangan pengembangan (POD).

Hal ini karena percepatan produksi Geng North akan mendorong optimisme industri hulu migas yang lebih tinggi serta meningkatkan daya saing hulu migas nasional agar tetap kompetitif.

Dia mengatakan temuan ENI ini dapat bermanfaat dengan optimal apabila didukung dengan infrastruktur gas yang sudah tersedia di Kalimantan Timur sehingga diharapkan dapat dikembangkan dengan cepat dan efisien.

Halaman:
Reporter: Mela Syaharani
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...