Harga Minyak Turun Tipis di Tengah Peningkatan Stok BBM AS

Mela Syaharani
5 Januari 2024, 08:17
Kapal Floating Storage Offloading (FSO) Arco Ardjuna Pertamina Hulu Energi Offshore North West Java (PHE ONWJ) melakukan proses lifting minyak ke kapal tanker di perairan utara Subang, Laut Jawa, Jawa Barat, Senin (3/4/2023). FSO Arco Ardjuna yang berkapa
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/rwa.
Kapal Floating Storage Offloading (FSO) Arco Ardjuna Pertamina Hulu Energi Offshore North West Java (PHE ONWJ) melakukan proses lifting minyak ke kapal tanker di perairan utara Subang, Laut Jawa, Jawa Barat, Senin (3/4/2023). FSO Arco Ardjuna yang berkapasitas 1 juta barel minyak tersebut memiliki tugas penting sebagai fasilitas pe­nampung hasil produksi minyak mentah lapangan PHE ONWJ yang selanjutnya dikirim ke oil tanker untuk dibawa ke kilang minyak.
Button AI Summarize

Harga minyak ditutup turun setelah mengalami sesi yang cukup bergejolak pada Kamis (4/1). Hal itu terjadi akibat peningkatan stok BBM dan penyulingan sehingga membayangi penarikan stok minyak mentah yang lebih besar dari yang diperkirakan.

Minyak Brent turun 66 sen, atau 0,8%, menjadi US$ 77,59 per barel. Sementara minyak West Texas Intermediate turun 51 sen, atau 0,7%, menjadi US$ 72,19 per barel.

Menurut data Administrasi Informasi Energi (EIA) Amerika Serikat (AS), rendahnya permintaan bahan bakar serta peningkatan persediaan dalam jumlah besar ini membebani harga minyak.

Stok BBM naik 10,9 juta barel menjadi 237 juta barel. Jumlah ini menjadi kenaikan mingguan tertinggi lebih dari 30 tahun terakhir. Stok distilat atau minyak dalam penyulingan naik 10,1 juta barel menjadi 125,9 juta barel pada pekan lalu. 

"Wilayah utama timur laut masih mengindikasikan suhu yang relatif sejuk hingga minggu ke-3 bulan ini, yang kemungkinan akan membatasi kenaikan diesel," kata Presiden Ritterbusch and Associates LLC di Galena, Illinois, Jim Ritterbusch dikutip dari Reuters pada Jumat (5/1).

Data IEA menunjukkan bahwa persediaan minyak mentah turun 5,5 juta barel dalam seminggu. “Sebagian besar mencerminkan gangguan pengiriman di Laut Merah,” kata Direktur energi berjangka di Mizuho, Bob Yawger.

Halaman:
Reporter: Mela Syaharani
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...