Harga Telur Sudah Turun Di Bawah Rp30 Ribu/kg, Cabai Rawit Masih Mahal

Cahya Puteri Abdi Rabbi
4 Januari 2022, 19:46
telur, cabai, minyak goreng, sembako
ANTARA FOTO/Dedhez Anggara/wsj
Pedagang menyortir telur ayam ras untuk pembeli di Pasar baru, Indramayu, Jawa Barat, Rabu (29/12/2021). Menurut pedagang, sejak dua pekan terakhir harga telur ayam ras mengalami kenaikan dari harga Rp22 ribu menjadi Rp31 ribu per kilogram akibat memasuki musim liburan akhir tahun dan biaya pakan yang tinggi.

Harga telur ayam ras sudah mengalami penurunan yang signifikan bahkan berada di bawah Rp 30.00/kg pada pekan pertama Januari. Namun,  harga minyak goreng dan cabai rawit diperkirakan masih akan bertahan mahal.

Berdasarkan infopangan.jakarta.go.id, telur ayam ras dijual dengan harga Rp 29.319/kg di sebagian besar pasar Jakarta.
Di sejumlah wilayah seperti Senen,  Jakarta Pusat, telur bahkan sudah turun sampai Rp 28.000/kg.

"Harga nya sudah turun sejak Senin (3/1). Langsung turun menjadi Rp 28.ooo/kg. Minggu lalu masih Rp 33.000/kg," tutur Iman, pedagang telur ayam ras, di Pasar Kwitang,  Senen, Jakarta Pusat, kepada Katadata, Selasa (4/1).

Harga telur sempat menyentuh Rp 32.000-35.000/kg pada minggu ketiga dan ke empat Desember.

 Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kemendag Oke Nurwan, akhir Desember, mengatakan melonjaknya harga telur ayam ras disebabkan meningkatnya permintaan menjelang Tahun Baru sementara di sisi lain pasokan kurang.

Dia menambahkan, pada saat harga telur ayam terkontraksi dari awal hingga pertengahan tahun, banyak peternak ayam petelur yang menutup usahanya. Penutupan itu membuat populasi ayam petelur berkurang hingga 40%.

Sementara itu, Sekretaris Jenderal Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (Ikappi) Reynaldi Sarijowan memproyeksikan, kenaikan harga beberapa bahan pokok seperti minyak goreng dan cabai rawit akan terus berlangsung selama pekan pertama 2022. Hal ini dikarenakan, permintaan masyarakat akan berangsur turun.

 "Namun harus tetap waspada dan memastikan stok dalam negeri, utamanya dalam menghadapi bulan Ramadhan dan lebaran," kata Reynaldi kepada Katadata, Selasa (4/1).

Paa hari ini, Selasa (4/1), harga cabai rawit merah di Jakarta masih berkisar di angka Rp 94.000/kg, turun sedikit dibandingkan pekan sebelumnya yang berada di kisaran Rp 100.000/kg.

Sementara itu, minyak goreng dijual dengan harga Rp 19.079/kg, turun dibandingkan pada pekan terakhir Agustus di kisaran Rp 20.000/kg.

 Kementerian Perdagangan berkomitmen menjamin stok minyak goreng tetap tersedia dengan harga terjangkau.

Halaman:
Reporter: Cahya Puteri Abdi Rabbi
Editor: Maesaroh
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...