Jokowi Bertemu PM Australia, Bahas Ekosistem Kendaraan Listrik

Andi M. Arief
4 Juli 2023, 16:22
jokowi, australia, mobil listrik
Antara
Presiden Joko Widodo saat bertemu Perdana Menteri Australia Anthony Albanese di Sydney, Australia, Selasa (4/7). Foto: Antara.

Presiden Joko Widodo mencatat ada empat pembahasan terkait ekonomi yang dibahas dengan Perdana Menteri Australia Anthony Albanese dalam Leaders Annual Meeting 2023. Salah satu pembahasan yang dimaksud terkait pengembangan ekosistem kendaraan elektrik atau EV.

Jokowi mengatakan kerja sama Indonesia dan Australia terkait pengembangan produksi baterai EV menjadi salah satu prioritas masa depan. Oleh karena itu, Kepala Negara mendorong kerja sama ekonomi yang lebih dalam dengan Negeri Kangguru.

"Indonesia dan Australia harus membangun kerja sama ekonomi yang lebih substantif dan strategis melalui pengembangan bersama produksi baterai EV," kata Jokowi dalam saluran resmi Sekretariat Presiden, Selasa (7/4).

Jokowi menyampaikan Indonesia dan Australia akan fokus mengimplementasikan kerja sama pengurangan emisi karbon. Salah satu  yang akan dilakukan adalah pembangunan fasilitas penangkapan dan penyimpanan karbon. Selain itu, Jokowi menyebutkan akan ada kerja sama terkait pembangunan smelter berorientasi energi hijau di Indonesia.

Sementara itu, Albanese melihat Indonesia sebagai mitra dalam bidang ekonomi dan transisi menuju negara nol emisi karbon. Albanese berpendapat kesejahteraan Indonesia akan berdampak pada keamanan, dan stabilitas di kawasan Indo-Pasifik.

Di sisi lain, Albanese menyatakan Australia telah merasakan tekanan dari tantangan ekonomi global. Oleh karena itu, investasi dan perdagangan menjadi penting untuk menumbuhkan ekonomi Negeri Kangguru.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...