Kemendag Ancam Cabut Izin Agen yang Jual Minyakita secara Bundling

Nadya Zahira
11 Juli 2023, 06:00
Kemendag Atur Minyakita
ANTARA FOTO/Muhammad Izfaldi/tom.
Pedagang menata kemasan minyak goreng MinyaKita di Pasar Minggu Modern di Kota Bengkulu, Bengkulu, Senin (8/5/2023).

Kementerian Perdagangan atau Kemendag akan menindak agen atau distributor Minyakita nakal yang menjual produk minyak goreng dalam kemasan itu dengan metode penjualan bundling atau bersyarat. Staf Ahli Bidang Pengamanan Pasar Kemendag Moga Simatupang mengatakan penjualan bundling menjadikan Minyakita berada di atas Harga Eceran Tertingi atau HET sebesar Rp 14.000 per liter.

Menurut Moga, dalam metode bundling pedagang yang ingin membeli Minyakita harus membeli komoditas atau merek minyak goreng lain yang juga dijual oleh distributor tersebut. Jika tidak, Minyakita akan dijual lebih mahal.

“Kalau misalnya ada agen yang melakukan bundling itu, akan kami berikan sanksi. Tentu akan kami tindak lanjuti. Diinfo saja, itu dilakukannya di daerah mana,” ujar Moga Simatupang usai acara pembukaan Trade Expo, di Kantor Kemendag, Senin (10/7).

Moga mengatakan Kemendag akan memberikan sanksi kepada para agen atau distributor nakal tersebut berupa pernyataan tertulis. Jika mereka masih melanggar akan diberikan sanksi yang lebih berat. 

“Sanksinya pertama sesuai dengan ketentuan yaitu berupa pernyataan tertulis satu sampai tiga kali, kemudian langkah yang terakhir adalah pencabutan izin dagangnya,” kata Moga.

Moga mengatakan, pihaknya juga akan menindak agen dan distributor nakal yang menghambat penjualan Minyakita ke konsumen. Kemendag juga telah berkoordinasi dengan pemerintah daerah untuk mengimbau agen di wilayahnya agar menjual Minyakita sesuai dengan HET.

Halaman:
Reporter: Nadya Zahira
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...